0
PROGRAM RUMAH LAYAK HUNI TERUS DIGULIRKAN
STABAT | GLOBAL SUMUT -Ketersediaan rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu atau Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kabupaten Langkat akan tetap diupayakan untuk terus digulirkan melalui berbagai program yang dimungkinkan kerjasama dengan pemerintah pusat maupun dukungan para pengusaha dan pimpinan BUMN.
 
Pemkab tetap berkomitmen untuk terbangunnya rumah layak huni,” ujar Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH pada kegiatan penyerahan dana sharing APBD bagi 379 MBR kelulusan akhir keputusan Kementerian Perumahan Rakyat di Serambi Jentera Malay Rumah Dinas Bupati, Rabu (23/1).
 
Untuk mewujudkan komitmen tersebut, Ngogesa meminta pihak swasta maupun perusahaan BUMN agar dapat menyisihkan sebahagian dana keuntungan berupa CSR untuk dapat membantu meningkatkan percepatan ketersediaan rumah layak huni. Dikatakannya peran semua pihak termasuk kejujuran masyarakat yang mendapatkan bantuan agar mempergunakan dana sesuai dengan peruntukannya, sangat menentukan keberhasilan program ini.
 

Sebelumnya Staf Ahli Bidang Pembangunan Drs. Eddy Dharma Tarigan, M.Si selaku penyelenggara kegiatan melaporkan secara keseluruhan program Kemenpera di Langkat masing-masing untuk tahun 2011 sebanyak 700 rumah sementara tahun 2012 dari usulan 1.130 lulus 1.128 MBR yang telah dan akan menerima dana sebesar Rp. 6.000.000,- per MBR. Bagi 1.000 MBR diberikan dana sharing dan sisanya diupayakan pada tahun 2013 sesuai kemampuan anggaran.
 
Eddy juga menyampaikan terima kasih atas peran serta dan dukungan moril maupun materil kepada TPM dan UPK yang lebih mengedepankan jiwa sosial dalam mensukseskan program tersebut, karena minimnya honorarium yang mereka terima.
 
Salah seorang MBR Ngatimin dalam kesempatan itu mewakili rekan-rekannya penerima dana sharing menyampaikan terima kasih atas kepedulian Bupati. “Kami berharap program ini tetap diteruskan agar saudara-saudara kami yang belum dapat bagian kelak dapat merasakannya juga,” katanya sembari menyanjung dan meminta Ngogesa untuk bersedia tampil kembali memimpin masyarakat Langkat di periode kedua.

Hal yang sama dirasakan juga oleh Ramini (45), dirinya tak dapat menyembunyikan rasa haru dan syukur atas apa yang telah Bupati berikan, sambil meneteskan air mata ia sedikit menceritakan kesedihannya “ Dulu, jika hujan turun masak harus ditutupi tampah, kalau tidak kemasukan air, tidur pindah – pindah karena bocor, binatang lipan dan kodok suka masuk ke rumah, Pak” kata ibu rumah tangga tersebut, tetapi lanjutnya setelah mendapatkan bantuan hal itu tidak terjadi lagi

Pada acara tersebut penyerahan dana sharing lanjutan yakni masing-masing untuk Kecamatan Bahorok 52 orang; Kecamatan Salapian 45 orang; Kecamatan Selesai 1 orang; Kecamatan Binjai 7 orang; Kecamatan Stabat 40 orang; Kecamatan Secanggang 23 orang; Kecamatan Wampu 20 orang; Kecamatan Padang Tualang 19 orang; Kecamatan Gebang 1 orang; Kecamatan Sei Lepan 14 orang; dan Kecamatan Besitang 60 orang. Sementara  Kecamatan Brandan Barat 97 orang penyerahannya akan dilakukan kemudian.

Hadir  sejumlah kepala SKPD dan seluruh Camat yang menjadi lokasi program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) 2012, TPM dan UPK serta undangan lainnya.(Awal / Langkat)

Posting Komentar

Top