0
Banjir genangi 10 Dusun di 2 Desa Kabupaten Langkat
LANGKAT | GLOBAL SUMUT -Beberapa Desa diwilayah Kabupaten Langkat terendam banjir sejak Kamis (31/1) malam, mendapat laporan Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH meninjau langsung bencana tersebut yang merendam beberapa rumah di sebahagian Desa pada wilayah Kecamatan Hinai dan Tanjung Pura, Jum’at (1/2).

Setibanya dilokasi banjir Bupati Ngogesa didampingi Camat Hinai Yushilda Usman dan Kades Cempa Solekan menelusuri beberapa rumah warga yang terkena dampak bencana itu, melihat keadaan rumah-rumah warga yang terendam air seketika Bupati Ngogesa menginstruksikan Kepala BPBD Herdianul Zally dan Kakan Sosial Budi Aspriyanto untuk segera melakukan tindakan tanggap bencana dengan mengerahkan semua bantuan yang dibutuhkan.

“Utamakan terlebih dahulu keselamatan dan kesehatan warga, setelah itu kita benahi penyebab terjadinya banjir” ujar Bupati Ngogesa saat memberikan instruksinya kepada tim tanggap bencana Kabupaten Langkat seraya meminta warga untuk tetap tabah dan bersabar karena segala daya dan upaya akan dikerahkan untuk meringankan beban warga.

Bupati Langkat itu juga memerintahkan Kadis Kesehatan dr. Gunawan untuk membentuk posko kesehatan disekitar wilayah yang terkena dampak banjir, menurut Sahruddin (48) warga dusun 2 Desa Cempa Kec. Hinai banjir kiriman yang menggenangi rumahnya sudah menjadi agenda rutin dikampungnya, “Dalam sebulan ini sudah 4 kali, tapi sekali ini paling besar” tutur nya.

Setelah melihat wilayah Desa tersebut, lanjut Bupati Ngogesa bersama warga setempat melihat sumber datangnya air yang disebabkan jebolnya benteng (tanggul) sungai mati di Dusun 2 Desa Lalang Kec. Tanjung Pura, Bupati Ngogesa meminta Kadis PU Bambang Irawadi sesegera mungkin berkoordinasi dengan Dinas PU Perairan Propsu untuk membenahi benteng tersebut dan mencari solusi agar kedepan bencana seperti itu dapat dicegah.

Berdasarkan data yang dihimpun aparat Kecamatan dan Desa setempat diketahui  sekitar 992 kk menjadi korban banjir yang menggenangi tempat tinggal mereka tersebar pada 10 Dusun di 2 Desa wilayah Kecamatan Hinai dan Tanjung Pura.

Bupati meminta warga agar tetap waspada kendati tim tanggap bencana telah diturunkan, kepada aparat Kecamatan dan Desa dirinya berharap agar senantiasa membantu dan memfasilitasi kebutuhan warga yang sedang mengalami musibah.

Ngogesa juga sempat mengecek pintu klep air yang terletak di Pajak ikan lama Tanjung Pura, dirinya mengatakan pada 2013 ini akan menyiapkan mesin pompa hisab air untuk membantu mengeringkan genangan air di badan jalan kota Tanjung Pura dan sekitar pemukiman warga apabila terjadi banjir kegiatan terhenti saat tiba waktu sholat Jum’at, Bupati bersama rombongan melaksanakan sholat di Masjid Darus Ar-Rugayah atau dikenal dengan Masjid terapung Tanjung Pura. (Awaludin / Langkat).

Posting Komentar

Top