0
STABAT   | GLOBAL SUMUT -Atas nama Pemerintah Kabupaten Langkat Sekda Drs.H.Surya Djahisa MSi mewakili Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu SH pada hari ini menyerahkan Data Potensial Pemilih Pemilu ( DP4) yang berjumlah 845.049 jiwa kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Langkat Margono Jumintoro.SH di Ruang Pola Kantor Bupati Kamis, ( 7/2). Surya Djahisa dalam hal ini telah membacakan pidato tertulis Meteri Dalam Negeri  yang mengatakan bahwa pada tanggal 6 Desember 2012 yang lalu Pemerintah, dan Pemerintah Daerah telah menyerahkan Data Agregat Kependudukan Per-Kecamatan (DAK2) terlaksana dengan lancar.

Sesuai dengan amanat Undang-undang No. 8 tahun 2012, Pemerintah dan Pemerintah Daerah secara serentak menyarahkan DP4, penyerahan DP4  tersebut merupakan bagian dari tahap yang sangat penting dan strategis dalam penyelenggaraan Pemilu 2014, karena merupakan bahan yang akan diproses lebih lanjut oleh KPU melalui tahapan pemutakhiran data Pemilih, penyusunan dan pengumuman Daftar Pemilih Sementara
 ( DPS ) sampai Daftar Pemilih Tatap (DPT).

Lebih Lanjut dikatakan Menteri  berdasarkan Psal 48 Undang-Undang  No. 8 Tahun 2012, diamanatkan bahwa KPU dan KPU Kabupaten/Kota dalam menyediakan data pemilih, Daftar Pemilih Sementara dan Daftar Pemilih Tetap memiliki memiliki system Informasi data pemilih yang dapat terintegrasi dengan system Informasi Administrasi Kependudukan.

Dari amanat pasal 48 tersebut, dapat dimaklumi badwa sistem yang digunakan oleh KPU harus disesuaikan dan dapat diintegrasikan dengan SIAK yang bertujuan untuk dapat mempasilitasi sinkronisasi Data Pemilih yang sangat diperukan untuk mengefektifkan dalam memproses DP4 menjadi DPS dan DPT oleh KPU, dengan harapan agar semua warga Negara Indonesia yang telah mempunyai hak pilih dapat mempergunakan hak pilihnya, tetapi tidak dimungkinkan menggunakan hak  pilihnya lebih dari satu.

Sebelumnya  Kadis Catpil Ruswin. SH melaporkan bahwa   penyerahan DP4 ini merupakan tahapan yang sangat penting dalam penyelenggaraan Pemilu 2014, yang akan
Diproses oleh KPU melalui tahapan pemutakhiran Data Pemilih, Penyusunan dan Pengumuman DPS sampai menjadi DPT.

Hadir mendapingi Sekda. Asisten ADM Pemerintahan Drs.Abdul Karim.MAP,Anggota Panwaslu, Para Camat.(Awal / Langkat)

Posting Komentar

Top