0
Gubsu Gatot Pujo Nugeroho :Instropeksi Diri Dengan Beribadah
PADANG TUALANG I GLOBAL SUMUT -Secara umum perkembangan masyarakat ataupun ummat saat ini telah jauh melenceng dari nilai-nilai agama dan akibatnya boleh jadi  berbagai teguran maupun peringatan telah diberikan Allah SWT. Hal yang harus dilakukan hendaknya setiap diri mengkaji tentang hakekat makna kemanusiaan.
Ketika manusia mengabaikan nilai-nilai kemanusiaannya, saat itu pula jati dirinya sebagai manusia menjadi hilang“, ujar H. Gubsu Gatot Pujo Nugroho, ST saat memberikan sambutan pada puncak Peringatan HUL Tuan Guru Babussalam (TGB) Allah Yarham Syech H. Abdul Wahab Rokan Al-Khalidi Naqsabandi ke-89 di Madrasah Besar Babussalam Kecamatan Padang Tualang, Selasa (2/4).
Tambah Gatot, dewasa ini fenomenal di masyarakat telah jauh dari norma agama, oleh karenanya perlu beristighozah, merenung terhadap kemampuan untuk membimbing hati dan jiwa menuju taqwa,”Instropeksi diri kita sebagai ummat manusia dengan beribadah salah satunya berzikir seperti yang diajarkan Tuan Guru” seru Gatot, Lebih lanjut katanya, walaupun telah lama wafat magnit kebaikan figur Syech H. Abdul Wahab Rokan Al-Khalidi Naqsabandi Tuan Guru Pertama pendiri perkampungan Babussalam atas ajarannya masih terasa sampai saat ini.
Terakhir Gatot mengatakan bahwa Langkat dengan perkampungan Babussalamnya dapat menjadi icon bagi Provinsi Sumatera Utara seraya berharap umat mampu menjadi kontributor besar bagi kemajuan Negara.
Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH dalam kesempatan yang sama mengatakan ditengah arus modernisasi sebagai manusia yang ingin masuk kedalam golongan kaum beriman tentu ingin mendapatkan ketenangan zohir dan batin,”Ketenangan itu hanya akan hadir bila kita mengenal siapa diri kita, kemana langkah tujuan kita dan siapa yang seharusnya menjadi tempat bergantung” kata Haji Ngogesa.
Pada bagian lain mengutip hikmah ahli sufi Syeckh Abdul Kadir Al Jilani yang menyebutkan “Tangisilah dirimu, ketika anakmu mati, engkau merasa seakan kiamat terjadi, akan tetapi ketika agamamu mati, engkau tidak menangis bahkan tidak peduli” Bupati Langkat itu mengajak menjadikan hal tersebut perhatian bersama untuk senantiasa memperbaiki diri dari waktu ke waktu.
Sebelumnya Tuan Guru Babussalam Syech H. Hasyim Al-Syarwani menyampaikan ungkapan terima kasih atas dukungan bagi terselenggaranya kegiatan HUL TGB ke-89 kepada semua pihak, sekaligus permohonan maaf  bila dalam pelayanan kepada Mursyid, Khalifah maupun jama’ah secara umum dirasakan masih terdapat berbagai kekurangan, “Semoga atas segala bantuan dibalaskan oleh Allah pahala yang berlipat ganda” pintanya berdo’a.
Dalam acara tersebut selain diawali pembacaan ayat suci Al-Quran, juga dibacakan riwayat singkat Allah Yarham Syech H. Abdul Wahab Rokan Al-Khalidi Naqsabandi Bin  Abdul Manaf bin Muhammad Yasin bin Maulana Tuanku Haji Abdullah Tembusai yang memiliki nama kecil Abu Qosim, lahir 19 Rabiul Akhir 1230 Hijriah bertepatan 28 September 1811 Miladiyah. Untuk mengembangkan ajaran Tharikat Naqsabandiyah oleh Sultan Langkat diberikan sebidang tanah yang saat ini bernama Babussalam atau Besilam. Beliau wafat pada hari Jum’at 21 Jumadil Awal 1345 H atau 27 Desember 1926 Miladiyah dalam usia 115 tahun, dan pada setiap tahunnya bersamaan dengan tanggal wafat tersebut seluruh Mursyid dan Pengamal Ajaran Tharikat Naqsabandi berkumpul di perkampungan Babussalam.
Tampak suasana sesak oleh padatnya jama’ah yang memenuhi perkampungan Babussalam lokasi digelarnya HUL TGB ke-89, Hadir antara lain, Kadispenda Propsu Rajali, Ketua MUI Sumut Prof Abdullah Syah, Kakankemenagsu H. Abdul Rahim, Pimpinan Majelis Taklim Tazkira H. Amiruddin MS, Syekh H. Ismail Royan, Kapolres Langkat AKBP L. Eric Bhismo, SIK, Ketua PN Stabat Ahmad Yassin, Sulthan Langkat Tuanku Azwar Abdul Djalil Rahmatshah Al Hajj, Kakankemenag Langkat HT. Darmansyah, Ketua MUI Langkat Buya HA. Mahfudz, Ketua MUI Kota Medan H.M. Hatta, Rektor IAIN Prof Ridwan Lubis, Pimpinan Ponpes Al-Kautsar Al Akbar Syekh H. Ali Akbar Marbun, H. Abdillah Ak, MBA serta sejumlah perwakilan pejabat Propsu dan Langkat.(Awaluddin / Langkat)

Posting Komentar

Top