0
Dengarkan Tausyiah, H.Ngogesa Berbaur Dengan Warga

P.BERANDAN   I GLOBAL SUMUT -Banyak hal harus dilakukan dalam kaitan membangun semangat penghayatan ajaran agama, sebagaimana diharapkan merealisasikan visi religius. Melalui peningkatan silaturrahim, kelapangan hati dan memperbaiki akhlak di kehidupan berkeluarga maupun bermasyarakat diharapkan menghindari prilaku tercela.
Bupati Langkat, H Ngogesa Sitepu SH, kemukakan hal itu ketika berlangsung Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW di halaman Panti Asuhan Darul Yatama Jalan Datok Babalan-Langkat yang diselenggarakan pengajian Al Hidayah Kecamatan Babalan, Jumat (21/6).
Lebih lanjut disebutkan H. Ngogesa yang hadir bersama isteri Ny. Hj. Nuraida , seperti biasanya peringatan tersebut menjadi tanda umat Islam menyambut bulan suci ramadhan. Untuk itu, disunnahkan meningkatkan kualitas ibadah maupun introspeksi tentang tata cara beribadah agar kokoh sehingga ketika bulan ramadhan benar-benar siap zahir dan batin bahkan lebih berkualitas dari tahun sebelumnya. 

“Salah satu peningkatan kualitas diharapkan adalah kebaikan hubungan sosial dilakukan, baik dengan keluarga maupun orang lain. Sebab ajaran Islam menekankan Hablum Minannas dan Hablum Minnallah, idealnya keshalehan sosial dan individu seiring sejalan,” kata Bupati Ngogesa.
Memaknai hubungan baik sesama, Ngogesa mengajak warga menghindarkan perbuatan fitnah atau membuka aib saudara sehingga akhirnya membuat keresahan di masyarakat akibat ucapan atau tindakan tercela dimaksudkan. “Mari kita bermunajat, nilai-nilai persatuan dan kondusifitas terpelihara di bumi Langkat serta terpilihnya pemimpin yang takut kepada Allah SWT,” ajak Bupati Langkat itu mengenai pentingnya keamanan dan kenyamanan.
Rombongan Bupati Langkat, sebelum mengikuti kegiatan tersebut melaksanakan ibadah sholat Jum’at di Masjid Ubudiyah P. berandan sekaligus bertatap muka dengan warga setempat yang juga melaksanakan ibadah.

Al Ustadz Syahrinal Lubis yang membawakan tausiahnya cukup menghibur tanpa menghilangkan pesan edukatif di suasana petang nan cerah membuat jamaah menikmatinya. Sebelumnya, penceramah yang didatangkan dari Kota Medan ini memuji kesediaan Ngogesa yang tak sungkan duduk di lantai bersama jamaah lainnya, mengindikasikan sebagai pemimpin yang merakyat.

Pada prinsipnya, Al Ustadz meminta warga memaknai peringatan Isra’ Mikraj untuk terus mengabdikan diri kepada Allah SWT sebagai pencipta alam semesta dan seluruh isinya dengan meningkatkan ibadah sebagaimana diajarkan Rasulullah Muhammad SAW.

Sementara perwakilan pengurus yayasan Darul Yatama menyampaikan terima kasihnya kepada Pemkab Langkat yang setiap tahunnya memberikan bantuan ke panti tersebut, tak terkecuali Bupati Ngogesa yang juga suka membantu secara pribadi, Diceritakan juga olehnya sedikit kilas balik cikal bakal berdirinya yayasan secara swadaya dan tak terlepas dari bantuan Pemkab Langkat itu.

Tampak hadir dalam kesempatan itu, Yan Syahrin anggota DPRD Sumut dan Tokoh Masyarakat Syafruddin Basyir serta segenap Muspika. Panitia pelaksana sebelum acara dimulai menjelaskan, panti asuhan yang berdiri sejak 1984 tempat di gelarnya kegiatan menampung kurang lebih 70 anak yatim piatu.
 (Awaluddin / Langkat)

Posting Komentar

Top