1
MARELAN | GLOBAL SUMUT - SMP Negeri 39 Medan jalan Yong Panah Hijau Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Labuhan kedepankan santun, senyum, sapa, sopan, da salam (5 S). Selain itu, sekolah yang diminati ribuan masyarakat Medan Bagian Utara ini juga kedepankan Gerakan Ambil Sampah ( 5 S). Kamis (3/10/2013).
Pantauan GLOBAL SUMUT ini, setiap harinya kepala SMP Negeri 39 Medan Drs. Halfan Siregar hadir lebih awal dari guru-guru dan siswa. Halfan yang dikenal bermasyarakat di Medan Bagian Utara itu terapkan GAS dan 5S yang menjadi contoh para bawahan dan anak didik. Tak heran jika lingkungan sekolah terlihat bersih dan nyaman. 
   
Guru BK SMP Negeri 39 Medan Endar Suharsih pada GLOBAL SUMUT di ruang kerjanya, Kamis (3/10/2013) mengaku senang dan bangga atas kepemimpinan Halfan. “Jujur saya katakan, kami (guru-guru-red) bangga dan senang punya pimpinan yang peduli terhadap lingkungan sekolah. Sejak kepemimpinan beliau (Halfan-red) perkembangan dan kemajuan sekolah cukup pesat”. Kata Endar.
   
Sistem ajar mengajar lebih maju lanjut Endar, pasilitas pendidikan memadai, begitu juga dengan kebersihan lingkungan sekolah yang selama ini diutamakan.
   
Kegiatan anak-anak didik berjalan, seperti basket, futsal, tari, vokal, lingkungan, paskibra, pramuka, bengkel siswa (siswa yang daya fikir lemah khusus matematika dan IPA-red). Selain itu, kegiatan belajar Alquran juga berjalan baik, yang mana untuk anak didik perempuan dilaksanakan pada hari Juma’t dan Sabtu untuk anak didik laki-laki. Jelas Endar.
   
Hal senada juga dikatakan guru tenaga didik IPS Hamimah Lubis. Ditambahkannya SPM Negeri 39 Medan tidak sunyi dari berbagai kegiatan, seperti upacara bendera setiap hari Senin, Wejangan/Bimbingan siswa Selasa dan Kamis dilakukan sebelum siswa mengikuti mata pelajaran, Rabu kegiatan Kreatifitas siswa, Juma’t senam kesehatan jasmani, dan Sabtu bersih lingkungan. Ujar Hamimah.
   
Disamping itu lanjut Hamimah, yang paling diutamakan di sekolah ini menjalin perhatian antar guru-guru dan anak didik, sehingga tenaga didik di SMP Negeri 39 Medan mengetahui pasti tentang keadaan ataupun kendala yang menimpa anak didik, yang selanjutnya diatasi dengan bersama. Tandasnya.
   
Terpisah, orangtua siswa Habsah berharap agar pemerintah lebih memperhatiakan SMP Negeri 39 Medan. “SMP 39 Medan ini sangat diminati ribuan masyarakat Medan Utara. Kami sangat berharap agar pemerintah lebih memperhatikan sekolah itu dengan menambah sejumlah ruang kelas. Dengan begitu, masyarakat Medan Utara yang mayoritas nelayan ini dapat tertolong dari biaya pendidikan anak-anaknya”. Harap Habsah.
   
Kepala SMP Negeri 39 Medan Drs. Halfan Siregar ketika dikonfirmasi wartawan di halaman sekolah, Kamis (3/10/2013) pukul 06.30 Wib mengaku lingkungan sekolah yang dipimpinnya nyaman. “Seperti yang bapak lihat sendiri, bagaimana kita menerapkan GAS dan 5S itu yang berlaku untuk saya, guru-guru, dan anak-anak didik SMP Negeri 39 Medan. Alkhamdulillah hasilnya sangat membanggakan. Silahkan bapak tanyakan ke guru-guru saya, dan jika perlu langsung ke anak didik”. Kata Halfan sambil melempar senyum. (Man/Abu/GS)

Posting Komentar

Didit Puji Hariyanto mengatakan... 3 Oktober 2013 pukul 13.41

5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun)
tetap pertahankan ciri khas 39 meski kalian sudah tamat di 39,,,
karena itu sangat berguna bagi masa depan kalian,,,
'Belajar Keras, Bekerja Ikhlas' itulah motto 39,,,
Sekolah Pinggiran, Prestasi Gedongan,,, ^_^

Top