0
MEDAN | GLOBAL SUMUT - Plt Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi secara resmi melantik Dokter Kecil dan Dokter Remaja se- Kecamatan Medan Helvetia tahun 2013 di Lapangan Kantor Camat Medan Helvetia, Jum'at (01/11/2013). Acara Pelantikan ini dihadiri Kadis Kesehatan Kota Medan drg Polita Usma Nasution dan Camat Medan Helvetia beserta jajarannya.

Dalam sambutannya Plt Walikota Medan mengatakan selain menjadi agenda prioritas yang menjadi bagian integral dari pembangunan daerah dan nasional pembangunan sector kesehatan menuntut adanya peran aktif dari segenap lapisan dan komponen masyarakat dimana dalam hal ini masyarakat tidak hanya sekedar menjadi objek dari berbagai program pembangunan kesehatan, melainkan harus menjadi pelaku utama dalam pembangunan tersebut.

Menurut Eldin, untuk kaum muda mampu berperan aktif dalam mewujudkan hal yang menuju ke arah pengembangan usaha kesehatan sekolah atau biasa dikenal dengan Uks dimana di dalam uks anak mulai diajak untuk menerapkan pola hidup sehat dari hal - hal terkecil seperti gerakan mencuci tangan dan mengutamakan kesehatan terutama pada saat proses belajar mengajar, katanya.

Disebutkan Eldin, Uks di sekolah sekolah nantinya akan melahirkan kader kader kesehatan sekolah yaitu para dokter kecil/ remaja yang siap menjadi duta bagi lingkungan untuk mendorong peningkatan kesehatan secara menyeluruh dimana para dokter kecil dan dokter remaja harus mempu menjaga kebersihan dan selalu menerapkan hidup sehat dilingkungan tempat tinggalnya , ungkapnya.

Eldin menilai keberadaan dokter kecil/ remaja sangat penting karena sejak usia dini para siswa diajarkan untuk peduli pada kesehatan dimulai dari diri sendiri, keluarga, teman dan lingkungan dimana hal ini tentu akan membentuk karakter anak anak untuk lebih memprioritaskan hidup sehat dimanapun ia berada , ujar Eldin dihadapan anak anak yang telah dilantik menjadi dokter kecil dan dokter remaja.

Mengingat gerakan ini sangat strategis, Eldin menghimbau kepada Dinas Kesehatan agar dapat bersinergi dengan sekolah sekolah agar dapat meningkatkan peran UKS agar lebih memaksimalkan dan memberikan dampak yang besar bagi kesehatan masyarakat Kota Medan untuk lebih peduli akan pentingnya kesehatan , imbau Eldin.

Selanjutnya Eldin mengucapkan selamat kepada para Dokter kecil dan dokter remaja dan jadilah contoh teladan pada gerakan cinta kesehatan dan lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal semoga kedepan para dokter ini dapat berkembang dan menjadi pioneer yang dapat membuat bangga keluarga dan bangsa , harapnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Medan drg Polita Usma Nasution dalam kesempatan tersebut mengatakan para dokter kecil dan dokter remaja ini adalah perpanjangan tangan Dinas Kesehatan untuk menyampaikan pesan pesan kesehatan kepada masyarakat untuk lebih mengenal pentingnya hidup sehat.

Dikatakannya pembekalan yang diberikan kepada dokter muda ini adalah dalam program Uks dimana kedepan agar lebih mengaktifkan uks di sekola tempatnya bersekolah dan dokter muda yang dilantik hari ini berjumlah 324 untuk dokter kecil dan 301 untuk dokter muda.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Posting Komentar

Top