0
MEDAN | GLOBAL SUMUT - Plt Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi dalam hal ini diwakili Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Msi didampingi Asisten Ekbang Ir Qamarul Fattah dan Kadisbudpar Drs Busral Manan, menerima kunjungan Rombongan Mantan Pengurus Sister City dari Kota Ichikawa, Jepang di Ruang Rapat I Kantor Walikota, Rabu (30/10/2013).

Rombongan mantan Pengurus Sister yang diketuai oleh Mr Keuchi yang hadir bersama Konsulat Jendral (Konjen) Jepang untuk Kota Medan Mr Yuzi Hamada mengatakan kedatangannya ke Kota Medan untuk mempererat hubungan antara Kota Ichikawa dengan Kota Medan yang telah terjalin sejak tahun 1989 disamping itu juga ingin mengenang kembali apa dikunjungi diwaktu dahulu apakah telah mengalami perubahan atau tidak.

Dikatakan Keuchi, selain itu kunjungannya ini juga ingin melihat peluang apa saja yang bisa dilakukan kerja sama dengan Kota Medan mengingat saat ini Kota Medan lebih berkembang dan dalam menata Kota yang lebih baik lagi dimana jika terdapat peluang kerja sama maka setibanya di Jepang akan disampaikan langsung ke Walikota Ichikawa Jepang karena dengan begitu akan lebih meningkatkan hubungan Sister city , katanya.

Menurutnya, Hubungan sister city yang telah dijalin selam 25 tahun hubungan ini berjalan dnegan baik dimana banyak hal positif yang telah dilakukan seperti pertukaran Pelajar yang beberapa bulan lalu Pelajar Kota Ichikawa mengunjungi Pelajar yang ada di Kota Medan dan disamping itu akan membuat dua kota ini saling percaya untuk membuat kerja sama di segala sector, ujarnya.

Setibanya Di Indonesia khususnya di Bandara dan Kota Medan Keuchi mengaku sangat terkejut dengan perubahan yang telah terjadi di Kota Medan. saat ini Kota Medan kini telah maju dan berkembang sangat pesat seperti Bandara yang berubah begitu besar dan indah walaupun sedikit memerlukan waktu untuk sampai ke Kota Medan suasana ini jauh berbeda ketika dirinya menginjakkan kaki pertama kali di Medan saat menjadi pengurus Sister City , ungkapnya.

Keuchi mengungkapkan ketika berada di Kota Medan, saya langsung mengingat waktu Kota Ichikawa Mengikuti Perhelatan Tahunan Provinsi Sumatera Utara yakni Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) di tahun 1993 dimana Kota Ichikawa mengisi acara tersebut dengan menempatkan stand tempat memperkenalkan Kota Ichikawa kepada Warga Kota Medan yang begitu antusias melihatnya dan selama PRSU berlangsung sedikitnya 400.000 warga Kota Medan dan sekitarnya menghampiri stand Kota Ichikawa tersebut, ucapnya mengingat.

Sementara itu Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis MM dalam kesempatan tersebut mengucapkan Selamat datang ke Kota Medan dan merasa senang atas kehadiran para pengurus sister city dari Kota Ichikawa dimana kunjungan itu dilakukan untuk melihat dan mengingat kembali hubungan yang telah dilakukan antara Kota Ichikawa dan Kota Medan serta untuk meningkatkan hubungan kerjasa antar kedua kota bersaudara tersebut.

Dikatakan Sekda, dengan kunjungan ini semoga hubungan sister city ini terus berlanjut dengan baik dimana banyak hal-hal yang bisa dikerjasamakan lagi antara Kota Medan dan Kota Ichikawa sehingga dapat memberikan keuntungan bagi kedua kota dan lebih mempererat jalinan yang sudah terjalin selama 25 tahun ini , kata Sekda.

Syaiful juga mengatakan selain Kota Ichikawa saat ini Kota Medan juga melakukan kerja sama dengan Kota di asia bahkan Eropa yaitu Kota Kitakyushu, Jepang dalam pengolahan sampah melalui sistem pengolahan pengomposan dan daur ulang, Kota Gwangju Korea, Kota Georgetown Penang, Malaysia dan Kota Chengdu Cina, Jelas Sekda.



Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan




Posting Komentar

Top