0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Direktur Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara, Kombes Pol. Toga Habinsaran Panjaitan, kepada wartawan di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (24/5/2014) siang mengungkapkan hasil tes urine yang dilakukan pihak internal Polda Sumut menyatakan dari Sembilan penyidik di satuan reserse narkoba di Polda Sumut tiga penyidik polisi diantaranya mengaku sudah lama menggunakan narkoba saat masih berdinas.
Toga mengaku sangat terpukul dengan terungkapnya para anggot penyidik reserse Polda Sumut yang ternyata didapati telah sejak lama kecanduan dan pengkonsumsi narkoba.
Sebanyak sembilan penyidik reserse narkoba di lingkungan Polda Sumatera Utara positif menggunakan narkoba.Kejadian yang dinilai memalukan ini merupakan pukulan telak di lingkungan institusi Polisi khususnya di Sumatera Utara.

"Kami tidak mau menutup-nutupi kalau anggota kami ikut menjadi pengguna narkoba. Ini menjadi tantangan kami untuk membersihkan dan pembasmian para pengedar dan pengguna narkoba. Seiring dengan penindakan terhadap pengguna narkoba keluar, ke dalam institusi internal kita juga menjadi perhatian serius pimpinan Polri,"kata Toga.

Sembilan penyidik reserse narkoba yang dinyatakan pemakai narkoba itu, menurut Toga, ini sudah dinonaktifkan dari tugas mereka sebagai penyidik reserse narkoba. " Mereka sudah kita gantikan dengan anggota penyidik yang baru dan bersih dari narkoba."

Untuk saat ini Toga  memastikan seluruh penyidik reserse narkoba Polda Sumut sudah ditindak tegas oleh para atasannya di satuan kerja tempat mereka bekerja.  "Mereka ada yang kita limpahkan ke pengadilan,  dan ada  yang direhabilitasi.  Ada kemungkinan juga mereka bisa diberhentikan dari dinas Polri, atau ada yang  didemosi," kata Toga.(R-01)

Posting Komentar

Top