0
MEDAN  | GLOBAL SUMUT-Menjelang Lebaran 1435 H, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Medan menyiagakan 252 personel.

Personel Satlantas yang dibantu TNI, Dinas Kesehatan (Dinkes), Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Pramuka akan ditempatkan di 12 pos mengamanan yang didirikan Satlantas Polresta Medan.

"Ada 252 personel yang akan kita tempatkan di 12 pos pengamanan Operasi Ketupat Toba 2014 ini. Personel itu di tempat dibeberapa titik seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal dan stasiun kereta api. Kita juga dibantu oleh pihak TNI, Dishub, Satpol PP, Dinkes," kata Kasatlantas Polresta Medan Kompol Budi Hendrawan di Medan, Selasa (22/7/2014) siang.

Dikatakannya, setiap satu pospam, pihaknya akan menempatkan 9 personel satlantas dibantu pihak lainnya. "Satu pos pengamanan ada 9 personel. Jadi 12 pos pengamanan ada 108 personel dan selebihnya akan melakukan patroli," jelasnya.

Dijelaskannya, pihaknya juga akan melakukan banyak patroli, terutama di daerah tempat wisata. Karena tidak menutup kemungkinan banyak terjadi tindak pelanggaran yang menyebabkan kecelakaan.

"Pada hari ketiga hingga lima lebaran, diperkirakan masyarakat banyak yang menuju lokasi wisata. Kita akan menempatkan personel di sepanjang jalan Jamin Ginting hingga Berastagi. Kita juga akan menempatkan personel di batas Kota Medan-Binjai, arah Tanah Karo dan Deli Serdang untuk mengantisipasi arus balik. Kita akan melakukan penilangan bagi pengguna kendaraan yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas, termasuk angkutan yang tidak sesuai dengan peruntukannya," jelasnya.

Tak sampai disitu, pihaknya juga akan juga akan memfokuskan personelnya untuk pengamanan di keramaian masyarakat pada malam takbiran.

"Kita akan menempatkan personel di Lapangan Merdeka, Ringroad, Pancing dan kawasan lainnya. Pada Sholat Ied personel juga akan menempati lokasi yang ramai seperti Lapangan Merdeka, Masjid Agung dan Masjid Raya," jelasnya.

Untuk itu, ia berharap kepada masyarakat dapat mematuhi peraturan pada lebaran tahun 2014 ini.
"Kita mengimbau masyarakat dapat memaknai lebaran ini dengan mematuhi peraturan lalu lintas. Untuk masyarakat yang mudik diharapkan meninggalkan rumah dengan posisi terkunci, kompor dimatikan, listrik dicek pemakaiannya, titipkan rumah ke tetangga yang tidak mudik. Masyarakat yang mudik juga harus mengecek kendaraan, kelengkapan surat-surat dan mematuhi lalu lintas," jelasnya. (GS-01)

Posting Komentar

Top