0
BELAWAN | GLOBALSUMUT-Ribuan warga menghadiri  pembukaan Ramadhan Fair 2014 di areal Muhammadiyah Cabang  Belawan, Rabu malam (2/7).  Even bernuansa  religius yang dibuka Wali Kota medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi ini dapat menjadi  wadah silaturahmi diantara segenap warga masyarakat, termasuk ulama dan umarah (pemarintah).  Selain itu dapat membangun ibukota Provinsi Sumatera Utara ini sebagai kota religius.
               
Dipilihnya kawasan Medan bagian utara sebagai  satu dari tiga lokasi tempat penyelenggaraan Ramadhan Fair tahun ini karena masyarakatnya baik yang tinggal di  Kecamatan Medan Belawan, Medan Labuhan, Medan Marelan serta Medan Deli dan sekitarnya karena memiliki karakter tersendiri, budaya yang sangat kuat  dan dikenal sangat religius. Karena itulah dipilihnya Kecamatan Medan Belawan sebagai pelaksana even Ramadhan Fair dinilai sangat tepat.
               
Melalui Ramadhan Fair ini, Wali Kota berharap masyarakat Medan bagian utara yang bermukim di empat kecamatan ini dapat memenuhi  kebutuhan puasa sekaligus menyambut Hari Raya Idul Fitri 141435 H dengan tersedianya  aneka kuliner serta produk-produk berkualitas tinggi  dengan harga relatif terjangkau.
               
“Hal ini bisa terjadi karena  Pemko Medan telah mensubsidi dengan memfasilitasi seluruh prasarana dan sarana yang dibutuhkan, sehingga tidak membebankannya kepada para pelaku usaha. Di samping itu untuk produk-produk kuliner, maka keamanan dan  kebersihannya dijaga. Dengan demikian aneka kuliner yang dijual sangat sehat  dan bebas dari zat-zat berbahaya bagi para pengunjung,” kata Wali Kota.
               
Lebih jauh Wali Kota selanjutntya mengungkapkan,  Ramadhan Fair merupakan wadah sialturahmi dan interaksi social yang bersifat religius, sekaligus menjadikan dunia usaha, khususnya UMKM dapat berkembang serta  memperluas akses  pasar produk yang dihasilkan. Untuk itu melalui even ini dapat mendorong pelaku UMKM dapat bersaing di pasar modern.
               
“Saya berharap melalui even ini, kita dapat membangun citra Kota Medan sebagai kota religius sekaligus menggambarkan kota yang semakin damai, penuh toleransi dan sebagai cerminan kota multikultural. Di samping itu juga untuk mengembangkan ukhuwah Islamiyah dan membangun perekonomian masyarakat melalui UMKM, “ ungkapnya
               
Wali Kota berharap para pelaku Ramadhan Fair dan seluruh masyarakat dapat menjaga kereligian even ini. Di samping itu terus menjaga kebersihan lokasi Ramadhan Fair maupun lingkungan masing-masing.  Tak lupa mantan Sekda Kota Medan ini mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga kekondusifan yang selama ini  sudah terjalin dengan baik.
               
Animo masyarakat mengikuti Ramadhan Fair  yang digelar di area Muhammadiyah Cabang Belawan ini cukup tinggi. Ribuan warga memenuhi lokasi untuk menikmati aneka kuliner dan produk UMKM yang disajikan.  Di lokasi tersedia 40 stand untuk UMKM, termasuk pelaku kuliner  yang menjajakan usahanya dan 20 stand non kuliner yang menyajikan hasil produk unggulannya amsing-masing.
               
Sementara itu Wakil Ketua DPRD Medan Ikrimah Hamidy mengatakan, perpaduan aktifitas masyarakat dan syiar Islam pada pelaksanaan Ramadhan Fair tahun ini merupakan tindakan nyata Pemko Medan dalam memperbaiki kesejahteraan masyarakat dan pelayanan publik. Untuk itu atas kerja dan kreatifitas dalam meningkatkan serta penguatan ekonomi masyarakat melalui Ramadhan Fair, Ikrimah mengucapkan terima kasih.
               
Pembukaan Ramadhan Fair ditandai dengan pemungkulan gong yang dilakukan Wali kota Drs H T Dzulmi Eldin S MSi didampingi Wakil ketua DPRD Medan Ikrimah Hamidy beserta Danlantamal I Belawan diwakili Kol Idham Faca, unsur Forum koordinasi Pimpinan Daerah Kota Medan diantaranya Dandim 0201/BS Letkol Kav Setiawan Arismunandar, Danyon Maharlan Mayor Marinir anak Agung Gede Agung Jaya Putra, Kapolresta belawa AKBP Aswin Sipayung , Wakapolresta Medan AKBP Hondawan Naibaho serta Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis. (Wagianto/Red)

Posting Komentar

Top