0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Untuk peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa dan memperdalam pengetahuan operasional karyawan dalam bisnis kepelabuhanan, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I menggelar pelatihan Improving Port Performace II (IPP II) tentang “Container Terminal Operations pada tanggal 18 – 30 Agustus 2014 bertempat  di Grand Angkasa Hotel, Medan. 
Hal tersebut diungkapkan Manajemen Pelindo I yang diwakili oleh Asisten Senior Menejer Perencanaan dan Pengembangan SDM, M Taufik Fadillah dalam sambutan pembukaan, Senin (18/8). Taufik berharap bahwa para karyawan dengan mengikuti pelatihan ini mampu meningkatkan pelayanan dan memperdalam ilmu dan wawasan  terkait pengetahuan operasional karyawan di pelabuhan.
“Hal ini merupakan bukti concern perusahaan pada pengguna jasa dalam peningkatan pelayanan dan produktivitas, yaitu salah satunya dengan memberikan pengetahuan kepelabuhanan untuk memperdalam pemahaman SDM Pelindo I tentang operasional di Pelabuhan. “ kata Taufik.
Selain itu,Taufik mengatakan walaupun peserta yang hadir tidak berkaitan langsung dengan operasional di pelabuhan, namun pelatihan ini penting untuk diketahui oleh karyawan yang tentunya memberikan kontribusi secara tidak langsung terhadap kinerja operasional pelabuhanan.
Taufik  berharap para peserta dapat memanfaatkan pelatihan ini sebaik mungkin. “Setelah pelatihan ini, semoga para peserta yang terdiri dari baik staf maupun struktural ini dapat memperbaiki kinerja dan memahami lebih dalam tentang operasional di pelabuhan serta dapat mengevaluasi terhadap kinerja saat ini di lapangan.  Sehingga dengan adanya problem solving dan perbaikan tersebut dapat meningkatkan pelayanan perusahaan yang berujung pada meningkatnya produktivitas perusahaan dan kepuasan pelanggan,harap Taufik.
Taufik juga menambahkan saat ini pelatihan diberikan tentang ““Container Terminal Operations  karena akan fokus perusahaan kepada segmen pelayanan petikemas yang menjadi trend transportasi di angkutan laut saat ini dan menjadi bagian pengembangan Pelindo I dalam transformasi pelayanannya kepada pengguna jasa di berbagai cabang pelabuhan.
ACS Humas Pelindo I, M. Eriansyah melalui staf Humas Fiona Sari Utami, menginformasikan bahwa jumlah peserta pelatihan sebanyak 60 (enam puluh) orang yang terdiri dari pejabat struktural maupun staf dari beberapa cabang. Pelatihan ini akan dibagi menjadi 2 angkatan, yaitu angkatan pertama pada 18 – 23 Agustus 2014 dan angkatan kedua pada tanggal 25 30 Agustus 2014.
“Dalam pelatihan tersebut, materi yang diberikan kepada peserta adalah tentang Introduction Container, Operasional Pelabuhan, Management Terminal, Pengendalian Container, Operasi CFS, Pengembangan Container Terminal, Perencanaan Peralatan, Struktur Organisasi Container Terminal dan Human Resources Management serta  pada juga  site visit ke  yaitu ke BICT (Belawan International Container Terminal) untuk menemukan secara langsung permasalahan dan solusi yang diberikan untuk kemajuan pelayanan perusahaan. Dengan ini diharapkan pelatihan ini mampu dimaksimalkan secara baik bagi peserta dan memberikan manfaat untuk peningkatan kinerja perusahaan lebih baik, tutup Fiona.(Red/GS)

Posting Komentar

Top