0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Walikota Medan Drs H T DzulmiEldin S,MSi diwakili Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan kota Medan Drs Hasan Basri,MM membuka acara Seminar Akhir Kajian Ekonomi dan Perdagangan di Palabuhan Belawan dalam rangka menunjang perekonomian di Kota Medan, Rabu ( 27/11) di Hoel Emerald garden Medan.                                                                      
Walikota Medan dalam sambutannya yang dibacakan Hasan basri mengatakan seminar akhir Kajian Ekonomi dan Perdagangan di Pelabuhan belawan dalam rangka untuk menunjang perekonomian di Kota Medan . Kajian ini tentunya merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi dari Balitbang sebagai lembaga yang dapat memberikan sumbangan pemikiran yang akhirnya dapat dijadikan kebijakan serta program-program oleh pemerintah kota Medan demi mempercepat gerak langkah pembangunan serta menjaga koridor pembangunan kota ke arah yang lebih baik.                                                                                      
Secara umum kondisi kesejahteraan masyarakat Kota Medan dipengaruhi kondisi perekonomian daerah termasuk factor kualitas dan pemerataannya , struktur perekonomian kota yang kokoh akan menjadi motor penggerak perekonomian dan sekalgus penopang ketahanan ekonomi daerah strukutur ekonomi kota Medan didominasi oleh sektor perdagangan, telekomonikasi, industry dan pengolahan serta sektor keuangan dan jasa perusahaan.                                                                           
Pelabuhan Belawan yang berda di kota Medan merupakan kekuatan bagi pemerintah kota Medan dalam menghadapi kebijakan ekonomi terbuka , diperkirakan arus ekspor dan infor akan semakin meningkat yang diharapkan dapat pula meningkatkan perekonomian kota Medan sehingga masyarakat lebih sejahtera.                                                                                       
Hal ini merupakan tantangan bagi Badan Penelitian dan pemngembangan kota Medan sebagai lembaga untuk dapat menjadi contributor utama yang mampu memberikan masukan yang berdasarkan kajian akademis , sehingga regulasi atau kebijakan yang dihasilkan oleh pemerintah merupakan kebijakan yangberkualitas,akomodatif,inovatif,aspiratif dan responsive dalam pemberian pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan mampu menjawab semua permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah kota. “tegas Walikota.                                                        
Sebelumnya Dra.Siti Maharani Hasibuan selaku Sekretaris Balitbang kota Medan melaporkan maksud dan tujuan kegiatan seminar ini untuk mengindetifikasi sektor-sektor unggulan yang ada di kota Medan, selain itu untuk menganalisa hubungan antar sektor dan subsector untuggulan terhadap keberadaan Pelabuhan Belawan, dan untuk menyusun rekomondasi prioritas kebjikan ekonooomi pemerintah kota Medan terkait dengan sektor unggulan dalam peningkatan kemampuan daya saing perekonomian kota Medan yang berhubungan dengan pelabuhan Belawan.                                                                                                           
Menurut Maharani, Kajian ini dilaksanakann selama 3 bulan dan sebagai nara sumber kajian ini dari Universitas Medan Area (UMA). Seminar akhir ini dilaksanakan untuk meminta saran dan kritik dari PT Pelindo  I Cabang Belawan dan dari SKPD Pemerintah Kota Medan Camat Medan Marelan, Camat Medan Belawan, Camat Medan Labuhan, Camat Medan Deli serta seluruh Lurah dari 4 Kecamatan yang hadir, dari nara sumber serta undangan lainnya yang hadir pada acara seminar ini , terhadap penelitian yang telah disusun oleh tenaga ahli sehingga dapat menghasilkan kajian yang berkualitas.                                                                                 
Tim nara sumber Dhian Rosalina,SE,MM, Zainal Abidin, M.Idris Dalimunthe, Hidayat Alam Muda Rambe, Nizah, Pembanding Cahyo Pramono (UMSU) dan Sahat Parawira Tambunan ( GM PT Pelindo ) sedangkan moderator Ahmad Prayudi. (Herudy/Wagianto)

Posting Komentar

Top