0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Wagubsu Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengharapkan dengan menjadi Universitas, Potensi Utama dapat memberikan sumbangsihnya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Sumut.Hal ini disampaikannya dalam sambutannya saat menghadiri acara Syukuran Peresmian Universitas Potensi Utama di Hotel Madani Medan.

Erry juga mengatakan bahwa era globalisasi adalah era persaingan mutu atau kualitas. Oleh karenanya peningkatan kemampuan mengelola dan mengembangkan perguruan tinggi sudah sangat dirasakan perlu, termasuk untuk menggunakan prinsip-prinsip manajemen modern yang berorientasi pada mutu dan kualitas. 

Bagi para pengelola perguruan tinggi, menurut Erry sistem manajemen mutu dimaksud pada hakekatnya berinti pada perbaikan terus menerus untuk memperkuat dan mengembangkan potensi, antara lain harus mampu mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki keunggulan-keunggulan.
“Sehingga outputnya memiliki multi-motivasi, yaitu ilmu pengetahuan, gelar keterampilan, pengalaman, keyakinan dan perilaku luhur dalam arti seimbang, sebagai persiapan memasuki dunia kerja atau persiapan membuka lapangan kerja,” bebernya. 

Dikesempatan itu Erry juga mengatakan pendidikan yang bermutu adalah salah satu kunci keberhasilan pembangunan bangsa dan negara dalam segala bidang. Hal ini menurutnya mengisyaratkan bahwa sesungguhnya perguruan tinggi merupakan wahana tenaga ahli yang diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan dan memberikan sumbagan kepada pembangunan, terutama dengan mengutamakan pendekatan relevansi pendidikan dengan pembangunan yang dalam langkah pelaksanaannya dikenal dengan pola keterkaitan dan kesepadanan (link and match).

“Diharapkan universitas potensi utama hendaklah dapat lebih berperan membantu pemerintah dalam memberhasilkan pelaksanaan pembangunan di Sumut,” ujar Erry.  Sebagai daerah yang heterogen dan mempunyai banyak potensi Wagubsu mengajak agar Universitas potensi utama bisa melahirkan sdm-sdm yang memiliki mutu maupun kualitas yang mampu bersaing dan mampu menggali dan mengelola potensi-potensi daerah yang ada di Sumut. “Peluang-peluang yang ada di Sumut harus dimanfaatkan, bukan hanya menjadi penonton saja.” Ujar Erry mengajak agar Universitas Potensi untuk mampu bersaing di Sumut karena dengan menjadi Uiversitas, yang dulunya STMIK Potensi Utama ini akan menambah daya saing yang kompetitif bagi universitas-universitas dan perguruan tinggi lain yang ada di Sumut. 

Sementara Rektor Universitas Potensi Utama Cand. Doktor Rika Rosnelly, SH, M.Kom mengatakan bahwa peresmian universitas potensi utama ini merupakan awal dari suatu komitmen dan kerja besar untuk menumbuhkembangkan Universitas Potensi Utama. “Ini merupakan komitmen dan kerja besar untuk merealisasikan impian dan cita-cita para perintis dan pendiri Universitas Potensi Utama guna mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Rika. 

Dia juga mengatakan bahwa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer “STMIK Potensi Utama” merupakan salah satu institusi Pendidikan Swasta dibaeah naungan Yayasan Potensi Utama yang berdiri pada tahun 2003 berdasarkan Izin Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) dengan SK. No. 103/D/O/2013. “Alhamdulillah sekarang berubah menjadi Universitas Potensi Utama sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 424/E/O/2014 tanggal 17 September 2014 dengan 5 Fakultas,” ujarnya.  Adapun ke 5 fakultas tersebut diantaranya, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Program Studinya yaitu :Teknik Industri (S1), Teknik Informastika (S1), Sistem Informasi (S1) dan Manajemen Informatika (D3). Fakultas Seni dan Desain, Program Studinya yaitu : Televisi dan Film (S1), Desain Komunikasi Visual (S1) dan Desain Interior (S1). Fakultas Psikologi, Program Studinya yaitu : Psikologi (S1). Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan, Program Studianya yaitu : Pendidikan Bahasa Inggris (S1) dan Ilmu Hubungan Internasional (S1). Fakultas Bisnis Syariah, Program Studinya yaitu :Ekonomi Syariah (S1) dan Perbankan Syariah (S1).

“Mencermati pesatnya perkembangan ilmu pengeathun dan teknologi serta budaya, kami berusaha jumlah program studi untuk jenjang Strata 1di Universitas Potensi Utama, Insya Allah masih akan bertambah,” katanya.  Untuk meningkatkan kualitas Proses Belajar Mengajar (PBM) pihak manajemen/penyelenggara telah menyediakan dan meningkatkan kuantitas serta kualitas sarana dan prasarana untuk perkuliahan teori dan praktikum yang dilengkapi dengan perpustakaan, LCD Proyektor, peralatan praktikum komputer pentium IV dengan monitor LCD, kemudahan akses Internet dengan Wifi dan Hotspot. Meningkatkan ilmu pengetahuan Dosen dan Pegawai melalui pelatihan-pelatihan serta melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3 dimana telah diwisuda sebanyak 60 orang dosen S2. Dengan berubahnya STMIK Potensi Utama menjadi Universitas Poteni Utama diharapkan akan membantu masyarakat memilih tempat kuliah maupun bagi stake holder serta Pemerintah dalam mendapatkan Lulusan yang berkualitas dan berkompeten dibidangnya masing-masing. 

Universitas Potensi Utama lanjutnya mempunyai visi, misi dan tujuan tidak hanya cerdas dalam bidang intelektual saja, melainkan juga memimiliki integritas dan moral yang tnggi. “Mari kita jadikan Universitas Potensi Utama sebagai rumah bersama, tempat kita bersama bekerja, meniti karir sekaligus mengukir prestasi,” ujarnya.  Turut Hadir pada acara tersebut mewakili walikota Medan Hasan Basri, Ketua Aptisi Sumatera Utara Dr. Bahdin Nur Tanjung,para rektor atau pimpinan perguruan tinggi di Sumut, mewakili koordinator Kopertis Wilayah I Rahmayati, SH,M.Hum, Ketua Pembina CORIS Dr. Djoko Soetarno, DEA,Dosen Tetap ITB Dr Rila Mandala, M.Eng, Ketua Pembina Yayasan Potensi Utama Hj. Nuriandy, BA, Ketua Yayasan Potensi Utama Medan BobSubhan Riza, ST , M.Kom, para dekan, dosen Potensi Utama serta mahasiswa dan mahasiwi dan tamu undangan lainnya.(red)

Posting Komentar

Top