0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi meresmikan fasilitas  pengelolaan air minum dan kesehatan masyarakat di Jalan Pasar III Lingkungan IV, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Rabu (28/1). Kehadiran fasiltas pengelolaan air minum ini dinilai cukup strategis dan bermanfaat bagi Pemko Medan, guna  melakukan percepatan dan perluasan pelayanan air bersih dan sanitasi di Kota Medan.               
Fasilitas pengelolaan air minum ini dibangun oleh Waha Mitra Indonesia (WMI) bekerjasama dengan Grundfos. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti  oleh Wali Kota bersama Direktur WMI Asia Pasifik DR Ir Jan Daniel MA. Setelah itu Wali Kota bersama Direktur WMI beserta Head Of Donation from Denmark, Pia Yasuko Rask dan VP of Operations Water Mission International from America, Seth Womble PE langsung meminum air dari fasilitas pengelolaan air minum tersebut.               
Setelah meminum air tersebut, mantan Sekda Kota Medan ini mengatakan air yang dihasilkan fasilitas pengelolaan air minum ini layak konsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Karena itulah Wali Kota berharap agar kehadiran fasilitas pengelolaan air minum ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Peresmian fasilitas pengelolaan air minum ini juga dirangkaikan dengan pemberian makanan sehat kepada anak-anak balita.  Dijelaskan Wali Kota, Pemko Medan telah memprioritaskan pembangunan bidang air bersih dan sanitasi dalam periode Rancana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) berjalan. Sebab, pembangunan  air bersih dan sanitasi akan mampu meningkatkan  produktifitas individu dan derajat kesehatan masyarakat.               
Dukungan  dari berbagai pihak kata Wali Kota, sangat  membantu  program ini dapat berjalan  secara optimal sekaligus  diharapkan dapat menjangkau seluruh wilayah dan lapisan masyarakat. Atas dasar itulah Wali Kota sangat berterima kasih dan mengapresiasi pembangunan fasilitas pengelolaan air minum dan kesehatan yang dilakukan WMI.              
  “Saya berharap pihak WMI terus membantu mendorong percepatan dan perluasan pembangunan air bersih dan sanitasi di Kota Medan. Di samping itu terus berkomitmen dan konsisten membantu Pemko Medan untuk mewujudkan Kota Medan sebagai kota metropolitan yang berdaya saing, nyaman, peduli dan sejahtera dengan dukungan prasarana maupun sarana perkotaan yang semakin memadai, terutama air minum,” kata Wali Kota.                
Usai memeninjau fasilitas pengelolaan air minum yang baru dibangun, mantan Sekda Kota Medan ini selanjutnya mengajak seluruh masyarakat sekitar untuk menjaga dan memelihara fasilitas pengelolaan air minum tersebut. Sebab, tujuan kehadiran fasilitas pengelolaan air minum ini untuk kebersamaan semua.  “Meskipun pihak WMI akan terus melakukan pendampingan selama dua tahun untuk perawatan fasilitas air minum ini, namun saya berharap agar masyarakat sekitar ikut menjaga dan merawatnya sehingga bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu cukup panjang. Insya Allah kita akan mengupayakan agar fasilitas pengelolaan air minum seperti ini dibangun di seluruh kecamatan,”  harapnya.  Sementara itu Direktur WMI Asia Pasifik, DR Ir Jan Daniel MA mengungkapkan, pembangunan fasilitas pengelolaan air minum ini dilakukan untuk membantu masyarakat setempat dalam mendapatkan air yang benar-benar layak konsumsi. Untuk itulah dia berharap agar kehadiran fasilitas pengelolaan air minum ini dapat memberikan manfaat bagi warga setempat.  Sedangkan Head of Donation fom Denmark, Pia Yasuko Rask dan VP. Of Operations Water Mission Internatioonal from America, Seth Womble PE juga menyampaikan hal senada, mereka ingin kehadiran fasilitas air minum ini membantu masyarakat, terutama anak-anak untuk  mendapatkan air bersih dan layak konsumsi.  Menurut keduanya, fasilitas pengelolaan air minum ini dapat dibangun berkat adanya kerjasama yang erat pihak WMI , Pemko Medan dan masyarakat. Kerjasama ini diharapkan terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi guna membangun fasilitas lainnya yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Terakhir, mereka juga ingin masyarakat merawat fasilitas  pengelolaan air minum ini sehingga apabila kembali mengunjungi Kota Medan, mereka masih bisa melihat fasilitas air minum dalam kondisi tetap baik dan terus melayani masyarakat untuk mendapatkan air bersih. (Abu/wagianto)

Posting Komentar

Top