0
LEMPAR BOLA. Mempora Imam Nahrawi didampingi Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi, Walikota Medan, Presiden FIBA Asia, Sekjen FIBA Asia, Ketua Umum PP Perbasi dan Ketua Perbasi Sumut, melempar bola dalam pertandingan perdana Indonesia melawan Usbekhistan pada Kejuaraan Bola Basket Puteri FIBA Asia U-16 IV/2015 di GOR Angkasa Lanud Soewondo Medan, Minggu (2/8/2015) malam.
MEDAN | GLOBAL SUMUT - Menteri Pemuda dan Olahraga (Memprora) H Imam Nahrawi S.Ag secara resmi membuka Kejuaraan Bola Basket Puteri Federation Internationale de Basketball (FIBA) Asia U-16 IV/2015 di GOR Angkasa Lanud Soewondo Medan, Minggu (2/8/2015) malam.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gordang sambilan oleh Mempora bersama Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi, Walikota Medan T Dzulmi Eldin MSi, Presiden FIBA Asia Shekh Saud Bin Ali Al-Thani, Sekjen FIBA Asia Hagop Khajirian, Ketua Umum Pengurus Busat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Danny Kosasih dan Ketua Perbasi Sumut dr Sofyan Tan.

Sebelumnya pemukulan gordang sambilan, 12 kontingen peserta Kejuaraan Bola Basket Puteri FIBA Asia U-16 IV/2015 asal China, Jepang, Korea, Taipei, India, Thailand, Hongkong, Kazakhstan, Malaysia, Singapura, Uzbekistan dan Indonesia, terlebih dahulu melakukan deville.

Dalam sambutannya, Mempora berharap seluruh tim memnjunjung tinggi sportifitas bertanding. Mempora juga mendorong kontingen basket Indonesia untuk meningkatkan prestasi dari tahun sebelumnya.

“Mari kita junjung tinggi sportifitas bertanding. Khusus untuk kontingen Indonesia, saya berharap agar tampil maksimal dan mampu naik pringkat ke level I,” harap Imam.

Sementara Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi menyatakan rasa bangga atas kepecayaan yang diberikan kepada Kota Medan sebagai tempat terselenggaranya Kejuraan Bola Basket Puteri FIBA Asia U-16 IV/2015.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, khususnya masyarakat pecinta olahraga basket, saya ucapkan terima kasih kepada Pengurus Pusat Perbasi, FIBA Asia serta panitia penyelenggara atas terpilihnya Kota Medan sebagai tuan rumah kejuaraan basket puteri usia 16 kali ini. Kejuaraan ini merupakan penghargaan bagi Sumatera Utara,” ujar Erry.

Dalam kesempatan itu, Erry juga mengucapkan selamat datang kepada kontingen dari 11 negara sahabat.

 “Kepada peserta dari Negara sahabat, silahkan menikmati keindahan Kota Medan sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Utara. Semoga keramahan dan kehangatan masyarakat Sumatera Utara membuat saudara-saudara nyaman dalam bertanding untuk meraih prestasi gemilang dalam event basket internasional ini,” tambah Erry.

Usai pembukaan, laga perdana Kejuaraan Bola Basket Putri FIBA Asia U-16 IV/2015 diawali pertarungan tim baskes Indonesia akan berhadapan dengan Uzbekhistan. Pada kejuaraan yang akan berlangsung hingga 9 Agustus mendatang ini, Indonesia dan Kazakhstan menghuni Divisi 2 bersama Malaysia, Hongkong, Singapura dan Uzbekistan. Sedangkan Divisi 2 diisi Tiongkok, Jepang, Korea, Taiwan, India dan Thailand.

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih didampingi manajer tim Yos Pagunu dan pelatih Endru Tambunan berharap timnas Indonesia bisa memenangkan setiap pertandingan di Divisi 2 guna memuluskan langkah promosi ke Divisi 1. Pada kejuaraan Bola Basket Putri FIBA Asia U-16 III/2013 di Kolombo, Srilanka, Timnas Indonesia menduduki posisi ketiga Divisi 2.

“Persaingan di Divisi 2 kali ini cukup ketat, apalagi Malaysia akan berupaya untuk kembali promosi ke Divisi 1 setelah dua tahun sebelumnya mengalami degradasi ke Divisi 2,” ujar Danny.

Persaingan cukup ketat juga diprediksi akan berlangsung di Divisi 1. Tim basket puteri Tiongkok, Korea dan Jepang akan menyuguhkan permainan terbaik pada FIBA Asia tahun ini.

Timnas Tiongkok diperkuat pemain rata-rata dengan tinggi postur tubuh di atas 170 cm dan tiga pemain centre masing-masing mempunyai ketinggian 192 cm, 188 cm dan 189 cm.

“Dengan tinggi badan yang menakjubkan ini diyakini akan menjadi tontonan menarik yang sangat sayang jika dilewatkan oleh para mania basket daerah ini,” tambah Danny. (red_01)

Posting Komentar

Top