0
SERGAI | GLOBAL SUMUT-Implementasi program Keluarga Berencana (KB) harus menjadi gerakan yang diterima oleh seluruh kalangan masyarakat. Oleh sebab itu program KB harus dilaksanakan secara sinergi oleh seluruh instansi terkait serta elemen masyarakat, karena keberhasilannya akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan kesejahteraan keluarga pra-sejahtera untuk menuju yang lebih baik. Tahun 2016 ini ditargetkan adanya pencanangan 1 Kampung KB ditiap Kabupaten/Kota, oleh karenanya pelaksanaan Pencanangan Baksos TNI Manunggal KB-Kesehatan (KB-Kes) dilakukan sekaligus dengan pencanangan Kampung KB hari ini.

Hal ini dikemukakan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman dalam sambutannya pada acara Pencanangan Bhakti Sosial TNI Manunggal KB-Kes dan Kampung KB di halaman Sekolah Dewi Sartika Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin, Rabu (27/7).

Pada hakikatnya Kampung KB bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat Kampung atau yang setara melalui program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Kampung KB ini direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi oleh dan untuk masyarakat. Sedangkan Pemerintah Daerah maupun lembaga non pemerintah dan swasta berperan dalam fasilitasi, pendampingan dan pembinaan, ujar Bupati Sergai.

Sedangkan peran anggota TNI sangat strategis lanjut Bupati Soekirman, sebagai pelopor, motivator dan dinamisator segenap kekuatan sosial dengan dibantu oleh seluruh instansi, lembaga dan organisasi masyarakat lainnya sangat perlu untuk kesuksesan Kampung KB dan tujuan yang tepat sasaran. Kampung KB akan membangun masyarakat yang sejahtera dari tingkat keluarga. “Kita harus memperkuat dan merevitalisasi program KB dan keluarga sejahtera, jangan hanya berhenti pada perencanaan, tapi harus ada aksi dan gerakan”, pungkas Bupati Soekirman.

Sementara itu Dandim 0204/DS Letkol Inf. Hanryan Indrawira, S.Sos yang diwakili Kasdim Mayor Inf. Thamrin Hasibuan dalam sambutan tertulisnya mengatakan pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali akan menjadi beban bagi Negara. Untuk itu pencanangan revitalisasi program KB-Kes dan Kampung KB ini merupakan salah satu terobosan kepedulian kita untuk bersama-sama membantu mengurangi beban pemerintah dalam mengatasi laju pertumbuhan penduduk.

Oleh karenanya program KB menjadi sangat penting untuk menyelesaikan permasalahan kependudukan dengan segala implikasinya. Kontribusi dan keberhasilan yang dicapai pada gerakan KB Kes adalah sebagai landasan untuk membangun keluarga kecil sehat, berkualitas dan sejahtera, papar Thamrin Hasibuan.

Acara yang dimeriahkan dengan Pragmen KB “Pak Badau” dan tari persembahan serta penampilan pop song dari para remaja Desa tersebut, turut dihadiri oleh Wabup Darma Wijaya, Kapolres Sergai AKBP Eko Suprihanto, SIK, SH, M.Si,  Kajari Sergai Erwin Panjaitan, SH, Ketua MUI H. Lukman Yahya, Ketua TP PKK  Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, Kepala Bank Sumut, Kepala BNNK Sergai, Muspika Kecamatan, Asisten Ekbangsos Drs. Hadi Winarno, Kepala SKPD, Camat se-Sergai, PLKB, tokoh agama, tokoh masyarakat serta ratusan undangan lainnya.

Sebelumnya laporan ketua panitia penyelenggara Kapten Inf. Agus Tua Panjaitan melaporkan kegiatan pencanangan bakti sosial TNI Manunggal KB-Kes dan Kampung KB ini diantaranya dengan melakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE), home visit KB bagi masyarakat Dusun IX dan X Desa Pekan Tanjung Beringin. Kemudian melakukan pelayanan KB dengan Perkiraan, Permintaan  Masyarakat (PPM) selama 3 bulan dari bulan Juli hingga September sebesar 5252 ekseptor serta melakukan pelayanan kesehatan gratis.(putranursaid)

Posting Komentar

Top