0
SERGAI | GLOBAL SUMUT-Jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), Selasa (29/11) melaksanakan upacara peringatan HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-45 yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 Tahun 2016 di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah.
           
Bertindak sebagai Pembina Upacara Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, dan turut dihadiri Kajari Sergai Erwin Panjaitan, SH, Pabung 2004/DS Mayor Inf. Sukaraito, Wakapolres Sergai Kompol Irma Ginting, Sekdakab Drs. Hadi Winarno MM, Staf Ahli Bupati, para Asisten, Kepala SKPD, Camat, serta seribuan PNS Sergai.

Dalam sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo selaku penasihat nasional KORPRI yang dibacakan oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan pada peringatan HUT ke-45  dengan tema“ Bersama KORPRI Meneguhkan Netralitas dan Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara” sangat tepat semangatnya dalam menyambut pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2017.
           
“Jadikan momentum Pilkada serentak 2017 sebagai ajang ujian atas netralitas dan profesionalisme saudara-saudara. Ujian untuk menerapkan Panca Prasetya KORPRI. Ingatlah bahwa pengabdian anggota KORPRI bukanlah kepada kepentingan kelompok maupun individu. Melainkan pengabdian anggota KORPRI hanyalah kepada negara, bangsa dan rakyat”, kata Presiden RI.
           
Agar Indonesia bisa menjadi bangsa pemenang dalam kompetisi global maka rakyat membutuhkan anggota KORPRI yang disiplin, bertanggungjawab, dan berorientasi kerja. Segera tinggalkan pola pikir masa lalu seperti ego sektoral, mental priyayi, mental penguasa dan mental koruptif yang hanya terpaku pada formalitas belaka, ungkap Presiden Joko Widodo.
Sementara itu sambutan tertulis Menteri Kesehatan RI Prof.Dr.dr.Nila Farid Moeloek, SP.M(K) pada peringatan HKN ke-52  mengemukakan bahwa tema yang diusung adalah Indonesia Cinta Sehat dan sub tema Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat. Hal ini dimaksudkan untuk membangkitkan kembali pesan-pesan kesehatan bahwa sehat itu harus dijaga. Bergaya hidup sehat, berpartisipasi aktif dalam Jaminan Kesesehatan Nasional (JKN). Sehingga nantinya akan terbangun kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan untuk mencapai pada Indonesia kuat.
           
Lebih lanjut diutarakan Menkes dalam rencana pembangunan jangka panjang (2005-2024) menetapkan bahwa pembangunan kesehatan menuju ke arah pengembangan upaya kesehatan dari upaya kesehatan yang bersifat kuratif bergerak ke arah upaya kesehatan preventif dan promotif sesuai kebutuhan dan tantangan kesehatan.


Seiring dengan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga. Pada 15 Nopember lalu di Bantul DI Yogyakarta, Presiden RI akan meluncurkan gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Yaitu suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.  Tujuan GERMAS ini adalah agar masyarakat berperilaku sehat, sehingga berdampak pada kesehatan yang terjaga, terciptanya lingkungan yang bersih sehingga jika kondisi sehat, produktivitas masyarakat meningkat dan biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat akan berkurang, ungkap Menkes Nila Moeloek.

Dikatakan Menkes bahwa peringatan HKN ke-52 ini tentu merupakan momen untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat kita semua untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan. Semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi konsep pembangunan nasional kita, ujar Menkes RI.
           
Disela-sela upacara dilaksanakan penyerahan tali asih diantaranya M.Yunus Pengawas Sekolah pada UPT Disdik Kecamatan Dolok Masihul, Swedi Multafidi Damanik guru SDN Dolok Masihul, Tiasa Rasalina Gultom SDN Pantai Cermin. Selanjutnya tenaga kesehatan teladan di Puskesmas diantaranya kategori Medis juara I drg. Sabarlina Saragih dari Dolok Merawan, Juara III dr. Risnawati Bangun dari Dolok Masihul. Untuk kategori kesehatan masyarakat tanda penghargaan tenaga kesehatan teladan tingkat nasional oleh Susilaewati, SKM. Sedangkan untuk pemenang perlombaan PORKAB KORPRI Tahun 2016 diantaranya lomba tenis meja putra juara I Nursahlan Munthe, ST, tenis meja putri Juara I Rita Sihombing, SPd. Pengucapan UUD 45 dan panca Prasetya KORPRI juara I Erwinsyah Deni, ST, Troup Gembira juara I dari Kecamatan Tebing Tinggi dan vokal solo juara I Azhar Handoyo dari Kecamatan Pegajahan.
           
Usai upacara juga dilaksanakan pemotongan nasi tumpeng oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dan aksi donor darah oleh PNS di aula Dinkes Sergai.(putranursaid)

Posting Komentar

Top