0
RANTAU PRAPAT | GLOBAL SUMUT-Antusiasme masyarakat dan para pelajar serta kontingen para Kafilah setiap kecamatan cukup tinggi. Meski cuaca terik panas matahari, mereka rela berdiri berbaris untuk menanti kegiatan Musabaqoh Tilawatl Qur'an yang ke - 46 dan Festival Nasyid yang ke-31 tahun 2017 ini dibuka oleh Bupati Labuhanbatu.  

Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si didampingi oleh Ketua PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj Siti Awal Pangonal Harahap saat pembukaan acara kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) yang ke - 46 dan Festival Nasyid yang ke 31 di lapangan bola kaki Pondok Wesel Perkebunan Aek Jamu Kecamatan Panai Hulu, Labuhanbatu, Senin (27/3/2017). turut hadir Dandim 0209/LB Letkol Caj Denden Sumarlin SE, Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang SH SiK yang diwakili Oleh Kabag Ops M. Fadli Munthe SH, Ketua Pengadilan Agama, Forum Komunikasi Pemerintah Daerah, Ormas, Tokoh agama,.   

Dalam pidato sambutannya, Pangonal Harahap mengatakan, Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Festival Nasyid ini merupakan program tahunan pemerintah mulai dari pusat sampai ke daerah. MTQ dan Festival Nasyid, "Kegiatan ini mempunyai arti dan makna yang sangat hakiki dan mulia bagi kita semua. Baik di dunia maupun di akhirat nantinya. Kegiatan ini merupakan suatu proses pembelajaran dan pembinaan terhadap nilai-nilai ritual keagamaan dan seni budaya islam. dengan adanya kegiatan ini, tentunya akan menghasilkan pemahaman dan pengamalan secara baik dan benar terhadap nilai-nilai yang terkandung didalam Al Qur'an untuk syiar islam."ucap Pangonal dalam isi sambutannya.  Selain itu, Bupati berjanji akan memberikan hadiah atau bonus kepada Juara I MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) yang berlangsung dari tanggal 27 s/d 31 Maret 2017 di Lapangan Bola Kaki Pondok Wesel Perkebunan Ajamu Kecamatan Panai Hulu.  

“Saya akan memberikan hadiah atau bonus kepada Juara I MTQ untuk melaksanakan umroh ke tanah suci”, kata Pangonal Harahap ketika menyampaikan arahannya pada acara Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Ke-46 dan Festival Nasyid Ke-31 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2017 yang ditandai dengan pemukulan beduk bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Unsur Forkopimda Labuhanbatu".  

Ketua DPRD Labuhanbatu dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan Parsono, mengajak kaum muslimin dan muslimat untuk menjadikan pelaksanaan MTQ Ke-46 dan Festival Nasyid Ke-31 Tahun 2017 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu ini sebagai bagian dari upaya kita meningkatkan karakter bangsa yang unggul dan berakhlak mulia. “Mari kita jadikan Al Qur’an dan petuah yang terkandung dalam seni nasyid ini sebagai rujukan dalam pembinaan karakter yang tangguh dalam menghadapi berbagai cobaan dan ujian”, jelas Parsono. 

Sedangkan, Ketua Harian LPTQ dan LPPSN Kabupaten Labuhanbatu Drs. Safiruddin, M.Pd menuturkan, bahwa LPTQ dan LPPSN berencana membentuk LPTQ dan LPPSN di setiap Kecamatan dan mengoptimalkan pembinaan, disamping itu pada Tahun 2018 bila memungkinkan akan direncanakan disetiap kecamatan dapat melaksanakan MTQ Tingkat Kecamatan.  

"Berkaitan dengan pelaksanaan MTQ ke-46 dan Festival Nasyid Ke-31, cabang yang diperlombakan adalah cabang Tilawah Al- Qur’an, Hifzil Qur’an, Khottil Qur’an, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Tafsir Al Qur’an, Qiro’ah Sab’ah dan Karya Ilmiah Kandungan Al Qur’an serta Festival Nasyid."ujarnya.  

Selanjutnya Safiruddin menjelaskan, bahwa pelaksanaan MTQN Ke-37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 ini akan dilaksanakan pada bulan Agustus bertempat di Kabupaten Dairi, sedangkan pada Tahun 2018 MTQ Tingkat Nasional akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Utara.

“Semoga pada MTQ Tingkat Nasional ada diantara puytra-putri Labuhanbatu yang menjadi pesertanya, bahkan pemenangnya”, harapKakan Kemenag Labuhanbatu tersebut.  

Dalam sambutan singkatnya Camat Panai Hulu Muslih, SH, MM selaku Ketua Panitia Pelaksana MTQ dan Festival Nasyid ini mengutarakan, bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak dan remaja tentang ayat-ayat suci Al Qur’an  dan untuk mencari bakat kontingen/peserta yang akan dibawa untuk diperlombakan di MTQ dan Festival Nasyid Tingkat Provinsi Sumatera Utara.  

Lanjut Muslih, Kegiatan MTQ dan Festival Nasyid ini dilaksanakan dari tanggal 27 s/d 31 Maret 2017 di empat lokasi yaitui, Lapangan Bola Kaki Pondok Wesel Desa Perkebunan Ajamu, SMP Yapendak Panai Hulu, Mesjid Mukhlisin Pondok Wesel dan Musholla Al Ikhlas Sei Sentosa dengan jumlah total peserta sebanyak 468 orang dari 9 kecamatan, dengan perincian peserta MTQ sebanyak 270 orang dan Festival Nasyid sebanyak 198 orang.  

Seluruh kegiatan pembukaan MTQ Ke-46 dan Festival Nasyid Ke-31 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu ini diawali pada sore hari dari Penaikan Bendera MTQ dan Festival Nasyid, Penyerahan Trophy Bergilir, Bai’ah dan Pelantikan LPTQ dan Dewan Hakim serta pelaksanaan Pawai Ta’aruf.(HPL/gbs/red).  

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si didampingi Ketua PKK Labuhanbatu Hj Siti Awal Pangonal Harahap, turut serta Dandim 0209/LB Letkol czi Denden Sumarlin SE, dan Kabag Ops Polres Labuhanbatu Kompol M. Fadli Munthe dan rombongan Forkomida Labuhanbatu disambut Panitia MTQ Ke-46 dan Festival Nasyid Ke-31 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu di Lapangan Bola Kaki Pondok Wesel Perkebunan Ajamu Kecamatan Panai Hulu, Labuhanbatu, Senin 27/3/2017).

Posting Komentar

Top