0
MEDAN | GLOBALSUMUT-Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, M.Si,.M.H memimpin Rapat Koordinasi Pengamanan dan Ketertiban Menjelang Natal Dan tahun baru 2019 di Heritage Grand Aston, Rabu (19/12). Rapat ini dilaksanakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Kota Medan yang akan melaksanakan ibadah Natal sekaligus merayakan Tahun Baru 2019.

Rapat Koordinasi Pengamanan ini dihadiri Wakil Wali Kota Ir.H Akhyar Nasution M.Si, dan Unsur Forkominda Kota Medan diantaranya Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Danlanud Soewondo Kol Pnb Dirk Poltje Lengkey, Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Nanda Ramli serta perwakilan dari  seluruh Forkompinda lainnya, pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan serta camat se-Kota Medan.

Dalam rapat yang dimoderatori Asisten Pemerintahan dan Sosial Drs. Musaddad Nasution ini diawali dengan pemaparan yang disampaikan Kapolrestabes Medan melalui Kabag Ops AKBP Romadhoni S terkait upaya yang akan dilakukan Polrestabes Medan terkait pengamanan yang akan diberikan jelang hingga pascara Hari Natal dan Tahun Baru 2019. Guna memberikan rasa aman, ungkapnya, Polrestabes Medan  akan menyiapkan 13 titik pos pengamanan (Pospam) di wilayah hukumnya.

“Ada 13 titik pospam  yang kita dirikan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat  yang akan melaksanakan ibadah Natal dan merayakan Tahun Baru 2019, tidak termasuk di dalamnya Polsek Kutalimbaru. Untuk wilayah hukum Polsek Pancur Batu, ada 3 Pospam yang didirikan,” jelas Romadhoni.

Dijelaskan Romadhoni, Polrestabes Medan juga telah mendata 583 gereja yang  ada di Kota Medan. Dari jumlah tersebut, 32 diantaranya merupakan gereja prioritas. Dijelaskannya,  ada 3 kategori gereja prioritas yakni gereja priotitas pertama  merupakan  gereja yang pernah mengalami teror dengan jumlah 10 gereja. Kemudian gereja prioritas kedua dengan jumlah 20 gereja. " gereja prioritas kedua ini merupakan gereja besar dengan jemaat banyak serta berada di jalan protokol serta dihadiri pejabat", jelasnya.

Selanjutnya, Romadhoni menjelaskan , terkait dengan perayaan Tahun Baru 2019, ada 3 tempat utama yang akan didatangi masyarakat, terutama pada malam pergantian tahun sehingga harus mendapat perhatian serius untuk diamankan yakni Lapangan Merdeka, Jalan KH Zainul Airifn dan Jalan Ring Road Gagak Hitam.

Untuk lokasi wisata, Romadhoni mengungkapkan, ada sejumlah tempat yang juga harus mendapatkan pengamanan  diantaranya Hairos Water Park Jalan Jamin Ginting, Pemandian Sembahe serta Kebun Bintang Medan Zoo Jalan Bunga Rampai IV. Lalu Terminal Terpadu Amplas dan Pinang Baris serta stasiun kereta api serta pousat-pusat perbelanjaan. “Pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan tindak kriminal,” jelasnnya.

Setelah Kabag Ops Polrestabes Medan, giliran masing-masing unsur Forkopimda menyampaikan pemaparannya. Intinya, semua siap mendukung sesuai dengantupoksinya masing-masing sehingga  jelang hingga pasca pelaksanaan ibadah Natal serta perayaan Tahun Baru 2019 di Kota Medan berjalan dengan aman dan kondusif.

Usai mendengar seluruh pemaparan unsur Forkopimda, Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si,.MH dan Wakil Wali Kota Ir. H .Akhyar Nasution MSi menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran seluruh unsur Forkopimda Kota Medan  dalam rapat koordinasi, termasuk pemaparan dan persiapan yang akan dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam menyambut Natal dan Tahun Baru 2018.

Kemudian Wali Kota melalui Wakil Wali Kota, menginstruksikan seluruh aparat kecamatan dan kelurahan agar memantau keamanan wilayah serta mendukung terselanggaranya keamanan pelaksanaan ibadah Natal, termasuk menjaga rumah yang ditinggalkan warga yang merayakan Natal dan Tahun Baru 2019.  Kemudian menginstruksikan  Dinas Perdagangan  untuk memantau dan menjamin bahan kebutuhan bahan pokok tidak naik.

Wali Kota juga memerintahkan Dinas Kesehatan Kota Medan menyiapkan mobil ambulan dan tenaga medis di 13 Pospam  yang ada. “Sampaikan kepada  semua rumah sakit swasta  dan pemerintah agar dokter tetap ada pada hari libur Natal dan Tahun Baru 2019 sehingga masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan dapat terlayani dengan sebaik-baiknya,” kata Wakil Wali kota.

Khusus Dinas Perhubungan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan serta Dinas Pekerjaan Umum, Wali Kota minta agar menyiapkan peralatan dan personil sebagai antisipasi terhadap perubahan cuaca ekstrim. Begitu juga dengan Dinas Pemadam dan Pencegah Kebakaran (P2K) agar mempersiapkan personel dan peralatan guna mengantisipasinya terjadi kebakaran.

“Kepada Dinas Pariwisata, saya minta agar mengingatkan kepada pengusaha hotel dan hiburan agar menutup usahanya pada 24 dan 25 Desember  2018, kecuali fasilitas hotel bintang 3, 4 dan 5. Kemudian mengawasi pihak hotel dan restoran jangan menaikkan harga  sesukanya dengan memanfaatkan momen Tahun Baru untuk mendapatkan untung yang sebesar-besarnya,” ungkap Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota memerintahkan Dinas Perhubungan agar mempersiapkan personil di Pospam yang telah dipersiapkan Polrestabes Medan dan Polres Pelabuhan Belawan untuk mengantisipasi arus mudik maupun arus balik. Selain itu pusat-pusat perbelanjaan, tempat rekreasi dan terminal sehingga masyarakat yang melaksanakan ibadah Matal dan merayakan Tahun Baru 2019 benar-benar merasa aman dan nyaman.[ulfah]

Posting Komentar

Top