0
ACEH | GLOBAL SUMUT-Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PP) Negeri Saree Suka Damai, Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi: Aceh kembali menoreh prestasi tingkat Nasional dengan memperoleh Penghargaan Kualitas Pelayanan Publik UKPP Berprestasi Bidang Pertanian Tahun 2019 oleh Kementerian Pertanian RI. Jumat (29 /11/ 2019).

Penghargaan ini langsung diberikan oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo dalam rangkaian Peringatan HUT Korpri ke 48 di lapangan upacara Kementerian Pertanian RI di Jakarta pada 29 November 2019 kepada Muhammad Amin, SP.,MP selaku Kepala SMK-PP Negeri Saree. Pada saat penyerahan penghargaan ini turut disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, A. Hanan, SP.,MM dan Perwakilan Biro Organisasi Setda Aceh, Drs. Kusmayadi, MM.

Penghargaan Abdi Bhakti Tani tahun 2019 ini diberikan kepada Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) dalam lingkup Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan berbagai inovasi yang dikembangkan selama 2 tahun terakhir. Oleh karena pelayanan yang diberikan tersebutlah, SMK-PP Negeri Saree dianggap layak diberikan kembali Penghargaan Abdi Bhakti Tani 2019 ini dalam katagori "Mempertahankan Penghargaan Piala". Penghargaan ini diberikan setelah proses seleksi dokumen, kunjungan lapangan, dan Ekspose didepan 15 orang tim penilai yang dilaksanakan di Bogor pada 23 - 25 September 2019 lalu bagi 47 UKPP Pertanian se-Indonesia yang telah dinyatakan lulus penilaian awal berupa Dokumen dan Penilaian Langsung ke lapangan pada awal Agustus 2019 lalu.


Penghargaan Abdi Bhakti Tani ini merupakan penghargaan yang ke 3 kali secara berurut diperoleh SMK-PP Negeri Saree yaitu 2015, 2017 dan 2019 ini. Dimana pada tahun 2015 SMK-PP Negeri Saree memperoleh Penghargaan dalam bentuk Plakat, tahun 2017 memperoleh Piala, dan tahun 2019 ini kembali memperoleh Piala (mempertahankan Piala).

Penilaian Kualitas Pelayanan Publik UKPP Berprestasi Bidang Pertanian atau sering disebut Abdi Bhakti Tani, pada tahun 2019 ini lebih difokuskan pada Pengakuan Manfaat UKPP oleh para pihak dan Inovasi Pelayanan dalam mendukung program Upaya Khusus (upsus) Pajale, Siwab, dan Babe yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian RI.

Oleh sebab itu Kepala SMK-PP Negeri Saree, Muhammad Amin, SP.,MP dalam presentasinya didepan 15 orang Tim Penilai pada saat Ekspose September 2019 lalu menyampaikan sejumlah Pengakuan Manfaat dari berbagai pihak dibuktikan dengan Jumlah lembaga/instansi/masyarakat yang berkunjung terus meningkat dengan kepentingan yang beragam seperti ; Field Trip dan belajar lapangan siswa dari TK hingga SMA serta Mahasiswa, Pelatihan Pertanian, Pertandingan Persahabatan antar SMK, PKB Guru, Seleksi Magang Guru ke Korea. Pengakuan juga terlihat dari Jumlah MoU yang telah dijalin dengan berbagai DU/DI/lembaga, dalam 3 tahun terakhir kita telah membuat 30 buah MoU.


Dalam hal Inovasi Pelayanan, Kepala SMK-PP Negeri Saree menyampaikan bahwa ada banyak Inovasi yang dilakukan fokus pada bidang kewirausahaan bagi siswa diantaranya Smart-Be, Seulawah Agro Technopark, PWMP, SPW, dan PKK, Pengembangan Unit Produksi. Menyahuti Revolusi Industri 4.0, pihak sekolah menggunakan Finger Print dan Face Print sebagai alat Absensi Guru/pegawai serta siswa. Kemudian penggunaan CCTV di 50 titik dikelas dan lingkungan sekolah dalam rangka pengawasan sehingga dapat tercipta suasana yang aman dan nyaman.

Bagi provinsi Aceh, Penghargaan Abdi Bhakti Tani tahun 2019 ini didapat oleh 2 UKPP yaitu SMK-PP Negeri Saree dan SMK-PP Negeri Kutacane yang mana keduanya merupakan Unit Kerja dibawah Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh. Oleh itu, pimpinan SMK-PP Negeri Saree mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Aceh khususnya Biro Organisasi Setda Aceh serta Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh yang mendukung secara penuh kegiatan Abdi Bhakti Tani ini sehingga memberi hasil terbaik. Kepala Sekolah juga berterima kasih juga kepada Tim Panitia Abdi Bhakti Tani Sekolah, Koordinator SMK-PP Aceh, Guru, Staf, Komite, siswa dan seluruh pihak yang telah mendukung, semoga penghargaan ini menjadi energi ekstra bagi kita semua dalam memberi dan meningkatkan pelayanan publik ke depan.[Don Zakiyamani]  

Posting Komentar

Top