Pastikan Wamena Kondusif, Polri : Ekonomi Warga Berjalan Normal

JAKARTA | GLOBAL SUMUT-Polri mengatakan kondisi Wamena, Papua pasca kerusuhan sudah kondisif. Hal itu terlihat dari ekonomi warga yang kini sudah normal seperti biasanya.

“Tentunya kalau kita lihat dari berbagai wilayah di Papua terutama di Wamena, mereka sudah berkomunikasi langsung disana ada Kapolri beserta Panglima TNI memberikan pengarahan kepada pasukan di sana, pasukan yang bertugas baik itu organik maupun yang BKO dari TNI-Polri yang dari Papua sendiri atau dari wilayah di luar dari Papua,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono, Jumat (29/11/2018).

Brigjen Argo mengatakan kondisi pergerakan ekonomi di Wamena, Papua pasca kerusuhan beberapa waktu lalu telah berjalan normal.

“Tentunya kita memberikan motivasi, kita melihat di sana seperti apa perekonomian di Wamena, ternyata pasca kerusuhan sudah mulai kondusif, ekonomi sudah mulai meningkat, situasi-situasi riil sudah ada disana yaitu peningkatan-peningkatan ekonomi pasar, kemudian ada beberapa warung-warung di pinggir jalan sudah mulai berbenah, sudah mulai berjualan tentunya ini adalah hal yang sangat baik untuk sebuah riil untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sana,” ucapnya.

Meski begitu, TNI-polri akan terus mengadakan proses dialog untuk mengakomodir masalah di Papua. Lewat dialog ini diharapkan, masalah di Papua bisa diatasi dengan baik.

“Kita tetap melakukan belanja masalah, karena ada masalah atau tidak dibawa situ dan itu nanti akan kita bawa dalam coffee morning dan sebagainya untuk menjadi masukan yang perlu kita selesaikan, solusi yang kita bawa dari bawah,” ucapnya.

“Tetapi untuk segi keamanan kita lihat disini sampai kemarinpun kondusif, tidak ada masalah dan masyarakat juga tetap beraktivitas, perekonomian mulai meningkat dan semua masyarakatpun terlihat semua di masyarakat pun beraktivitas seperti biasa,” sambung dia.

Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sendiri tengah berada di Papua sejak 2 hari lalu. Keduanya bersama jajaran akan memantau situasi keamanan Papua untuk menjamin agar situasi tetap kondusif.[rs]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kota Langsa Terima 588 Rumah Bantuan BPSP Dari Kementerian PUPR

Jelang HUT OPM, TNI-Polri Rangkul Warga Papua

Polres Belawan Nobar Filim 'Sang Prawira'