0


MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pjs Wali Kota Medan Ir.Arief Sudarto Trinugroho,MT menyambut Baik dukungan yang diberikan Bank Sumut untuk pembangunan Kota Medan melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Diharapkan Dana yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Bank Sumut ini dapat dimanfaatkan untuk pemulihan ekonomi masyarakat ditengah Pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Pjs Wali Kota Medan Ir.Arief Sudarto Trinugroho,MT dalam pertemuan dengan jajaran direksi PT Bank Sumut di Ruang Rapat Kantor PT Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (21/10). Pertemuan ini dihadiri Dirut PT Bank Sumut Muchammad Budi Utomo, Jajaran Direksi Bank Sumut dan Jajaran OPD lingkungan Pemko Medan diantaranya Asisten Ekbang Khairul Syahnan, Kepala Bappeda Irwan Ritonga, Kadis Perhubungan Iswar Lubis, Kadis Kebersihan dan Pertamanan HM Husni dan Kabag Perekonomian sekaligus Plt Dirut PD Pasar Nasib.

Dikatakan Pjs Wali Kota Medan, Atas nama Pemko Medan dirinya mengucapkan terima kasih atas program Bank Sumut untuk Pembangunan Kota. Selain Program Pemulihan Ekonomi Nasional dalam hal ini memberikan pinjaman dengan syarat mudah untuk Pedagang Pasar dan pelaku UMKM, program di bidang transportasi khususnya pembayaran dengan menggunakan sistem smart card dan QRIS.  Apalagi Menurut Pjs Wali Kota Medan, dalam waktu dekat di Kota Medan akan hadir Akomodasi Transportasi Bus Massal dari Kementerian Perhubungan yakni Trans Metro Deli. tentunya bus yang menjadi armada baru transportasi massal bagi masyarakat Kota Medan ini akan memakai konsep pembayaran buy the service.

"Saya berharap PT Bank Sumut dapat memfasilitasi program skema pembayaraan non tunai bagi masyarakat untuk Bus Trans Metro Deli. Artinya Kita ingin pembayaran tidak lagi menggunakan cara manual atau tunai melainkan bisa lewat scan barcode atau e-money serta smart card. Namun, layanan yang dihadirkan juga harus sejalan dengan akses dan kemudahan bagi masyarakat," Kata Pjs Wali Kota Medan. Sebelumnya Dirut PT Bank Sumut Muchammad Budi Utomo menjelaskan bahwa PT Bank Sumut dipercaya Pemerintah Pusat untuk mengelola dana dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Artinya skema pemulihan ekonomi telah dipersiapkan salah satunya sektor pasar tradisional  melalui program “Menyapa Pedagang Pasar”.

”Banyak program PT Bank Sumut yang dapat dikaitkan dengan Pemko Medan salah satunya dalam program PEN. Untuk itu, kami siapkan bantuan lewat kredit usaha rakyat (KUR) kecil, mikro dan super mikro sehingga dapat menjangkau semua pedagang pasar. Langkah ini hendaknya dapat mendukung perputaran ekonomi agar kembali stabil ditengah Pandemi Covid-19" kata Budi. Kemudian Budi juga menjelaskan, PT Bank Sumut telah menyiapkan skema pembayaran non tunai atau cashless guna mendukung program buy the service (BTS) yang dicanangkan. Nantinya, direncanakan akan ada 15 ribu smart card e-money yang akan dibagikan secara gratis bagi masyarakat yang menggunakan moda transportasi massal di Kota Medan.

”Kita juga sudah menyiapkan skema, sistem dan tata kelola layanan transportasi umum berbasis e-money menggunakan smart card. Selain itu juga, memanfaatkan sistem Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) sehingga masyarakat tidak lagi menggunakan uang tunai saat membayar ongkos transportasi massal yang digunakan," Jelasnya. Dalam kesempatan tersebut, Dirut PT Bank Sumut juga mengungkapkan bahwa pihaknya juga memiliki program CSR untuk Penataan Ruang Terbuka Hijau yakni Taman Ahmad Yani. Selain Taman Kota, Bank Sumut juga akan melakukan renovasi pada tugu 0 kilometer di depan Kantor Pos Medan agar lebih menarik dan bernilai estetik.

"Keseluruhan Program Bank Sumut yang diberikan kepada Pemko Medan ini selain mendukung program Pemko Medan dalam penataan kota menjadi lebih baik juga untuk Pemulihan Ekonomi masyarakat ditengah Pandemi Covid-19. Semoga kerja sama dan koordinasi yang kita bangun dapat memberikan hasil maksimal dan berdampak baik bagi masyarakat", jelasnya. Terkait rencana CSR penataan Taman Ahmad Yani dan renovasi Tugu titik 0 Kota Medan, Pjs Wali Kota Medan mengapresiasi langkah tersebut. Sebab hal tersebut dilakukan untuk pembangunan Kota.[rs]

Posting Komentar

Top