0


BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Prajurit Batalayon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I Belawan mengikut latihan Pencarian dan Pertolongan (SAR) di Laut yang dilaksanakan di Sei Nunang dan Dermaga Mako Lantamal I Belawan. Jum’at (13/11/2020).

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso bertindak sebagai Pangkogasgabduk memimpin langsung Latihan Pencarian dan Pertolongan (SAR) di Laut tersebut.

Latihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan mengukur tingkat kesiapsiagaan personel dan unsur-unsur SAR TNI Angkatan Laut, khususnya Koarmada I dalam melaksanakan operasi penanggulangan kecelakaan di laut, sehingga dapat diperoleh suatu gambaran kemampuan operasional Koarmada I mulai dari tingkat perorangan sampai satuan sehingga tercapai pola pikir dan pola tindak yang sama antar unsur SAR pada pelaksanaan operasi SAR laut.

Pelaksanaan latihan ini diikuti 330 personel yang terbagi dalam beberapa satuan tugas antara lain satuan tugas pendukung SAR, satuan tugas pendukung kesehatan, satuan tugas pendukung informasi dan satuan tugas pendukung intelijen.

"Tujuan latihan ini dalam rangka melatih dan meningkatkan kemampuan, serta kesiapan operasional unsur-unsur Komando Armada Koarmada I dalam pelaksanaan pencarian dan pertolongan (SAR) di laut," sebut Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso.

Melalui latihan ini diharapkan peserta dapat menguasi proses perencanaan dan pelaksanaan operasi tugas pencarian di laut, kemudian menguasai dan mahir dalam melaksanakan Medical First Responder (MFR), Medical Evacuation (Medivac) dalam pelaksanan pencarian dan pertolongan (SAR) di laut.

Hadir dalam kegiatan latihan tersebut Danlantamal I, Wadan Danlantamal I, Para Asisten Danlantamal I, Para Kasatker serta Kadis Lantamal I.(abu)

Posting Komentar

Top