0


DELI SERDANG | GLOBAL SUMUT-Warga Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, mersa bersyukur serta mendukung dengan adanya kegiatan Kulia Kerja Nyata Dari Rumah Dan Terukur ( KKN-DR Dan Terukur ) Kelompok 28 yang dilaksanakan mahasiswa dan mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Tahun 2021.

Hal itu disampaikan oleh salah satu warga Desa Bandar Setia, Malik (45) kepada Media ini Minggu (1/8/21). Ia mengatakan, kalau warga Desa Bandar Setia sangat mendukung dengan Kegiatan KKN-DR Terukur ini.

" Saya sangat Mendukung Program KKN-DR yang dilaksanakan adik-adik mahasiswa UINSU. Dimana Kegiatan adik-adik ini memberikan Ilmu Pengetahuan Agama kepada masyarakat dengan baik dan gampang serta dapat di mengerti oleh masyarakat, " ujar Malik.

Sementara itu, Kepala Desa Bandar Setia, Sugiato, juga memberi dukungan serta tanggapan yang positif kepada KKN-DR dan Terukur yang dilaksanakan Kelompok 28 UIN.

" Sejak dilaksanakannya Kegiatan KKN-DR, seluruh peserta Kelompok 28, mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) serta para mahasiswa dan mahasiswi juga memberikan masukan kepada masyarakat tentang kegiatan program pemerintah mengenai pelayanan vaksinasi. Mereka dapat membantu dalam penanganan kasus Covid 19 yang terus meningkat, walaupun begitu selama menjalani kegiatan di Desa Bandar Setia, para peserta KKK-DR Kelompok 28 UIN SU ini harus selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Desa ( Pemdes) Bandar Setia, agar kegiatan yang mereka rancang bisa terlaksana dengan baik dan tertata " Jelas Sugiato.

Drs Sahrul Dosen pembimbing KKN -DR kelompok 28 UIN SU, sangat mendukung dan menyarankan agar kegiatan KKN-DR yang dilaksanakan di Dusun 8 tersebut." Karena dari segi pengetahuan dan tingkat kepedulian sosial di lokasi tersebut sangat cocok jika peserta KKN-DR kelompok 28 melakukan pembenahan yang baik serta gebrakan yang spektakuler untuk bisa memajukan Desa Bandar Setia tersebut," kata Drs Sahrul.

Ketua KKN kelompok 28 UIN SU, Rizki Fauzie, menjelaskan, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam KKN yang dilaksanakan di Dusun 8 Desa Bandar Setia. "Kegiatan rutin yang kami lakukan selama KKN yaitu mengajar mengaji maupun memberi pengetahuan kepada anak-anak di Dusun 8 Desa Bandar Setia agar anak-anak terus dapat belajar mengaji dan belajar tentang pengetahuan di era pandemi, pasalnya saat ini banyak dari anak-anak tersebut yang tidak dapat bersekolah dikarenakan pandemi covid 19, " jelasnyua Rizki Fauzie.

Ia juga menambahkan, kegiatan yang kami laksanakan di dalam kegiatan KKN kami yaitu mengikuti pengajian atau perwiritan ibu-ibu di Dusun 8 Desa Bandar Setia. "Hal ini dilakukan agar dengan adanya kegiatan perwiritan tersebut kami dapat memperkuat tali silaturahmi terhadap masyarakat dengan kami sendiri selaku mahasiswa KKN. Kemudian kegiatan kami yaitu melaksanakan khataman Al-Quran bersama dengan anak-anak. Hal itu dilakukan agar anak -anak semakin giat dalam membaca Al-Quran ", tambah Ketua KKN Kelompok 28 UIN SU, Rizki.

"Ada juga kegiatan perlombaan yang kami lakukan terhadap anak-anak Dusun 8 Desa Bandar Setia, kegiatan dilakukan agar membuat semangat terhadap anak-anak untuk meraih prestasi. Ada juga kegiatan senam pagi dan gotong royong bersama masyarakat setempat. "Dikarenakan dengan adanya kegiatan ini ini dapat membuat perubahan dalam lingkungan Dusun 8 Desa Bandar Setia. Dan dengan adanya kegiatan ini juga Mungkin setelah kegiatan KKN kami berlangsung bisa dilanjutkan oleh masyarakat masyarakat setempat dalam melaksanakan kegiatan senam dan gotong royong bersama " akhir Rizki Fauzie menjelaskan. (ind)

Posting Komentar

Top