0
STABAT | GLOBAL SUMUT - Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH menerima Anugerah Parahita Eka Praya (APE) kategori madya tahun 2012 dari Presiden RI Susilo Bambang  Yudhoyono pada acara puncak peringatan Hari Ibu ke-84 di UKM Convention Hall, Selasa (18/12/).

Anugerah Parahita Eka Praya yang diberikan langsung oleh Meneg PP dan PA Linda Amalia Sari Gumelar diterima oleh H. Astaman Kepala Bappeda sebagai ketua kelompok kerja pengarustamaan gender Langkat itu merupakan penghargaan dalam bidang pemberdayaan dan pengarusutamaan gender serta perlindungan kepada perempuan dan anak, “Penghargaan yang diterima ini merupakan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan” kata Rudi Kinandung Kabag Humas Pemkab Langkat.

Penghargaan tersebut  diberikan pada 12 kementerian/lembaga dan 21 pemerintah provinsi serta 42 Kabupaten/kota yang  dinilai telah berkomitmen dan mengimplementasikan strategi  terkait gender dan pemenuhan hak anak di berbagai sektor pembangunan.

Kepada pers juru bicara Pemkab Langkat itu menjelaskan bahwa Bupati Langkat selama ini membuka peluang dan kesempatan bagi kaum perempuan untuk berkembang dalam karier birokrasi maupun berbagai aspek kehidupan lainnya, “Tentunya penghargaan ini menjadi motivasi penggerak kita untuk terus meningkatkan pemberdayaan bagi perempuan dan anak” seru Rudi menyampaikan pesan Bupati Ngogesa saat ditemui di ruang kerjanya.

Secara terpisah Kepala Badan KB dan PP Langkat Darwan Hasrimy didampingi Kabid PP dan KS Rina Marpaung menjelaskan bahwa dikberlakukannya keputusan Bupati nomor 400-16/K/2012 tentang kelompok kerja Pengarustamaan Gender (PUG) dalam pemberdayaan perempuan dan keputusan Bupati nomor 463-27/K/2012 tentang penetapan Desa dan Kelurahan yang mengembangkan layak anak merupakan satu diantara komitmen kuat Pemkab Langkat terhadap pengarustamaan gender serta perlindungan hak anak.

Diuraikan dalam keputusan yang mengatur tentang PUG tersebut telah dibentuk kelompok kerja dengan melibatkan seluruh SKPD yang ada sebagai kelompok kerja PUG dengan masing-masing aspek yang terkait tugas dan fungsinya, tim juga mempunyai tugas menyusun rencana aksidaerah (Randa) pengarustamaan gender.***

Posting Komentar

Top