0
Bupati Langkat Haji Ngogesa : Akan Umrohkan Orang Tua Qori Terbaik

BAHOROK I GLOBAL SUMUT - Momentum Musabaqoh Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN), hendaknya dapat memberikan pengaruh yang positif, bukan hanya pada peserta atau Qori dan Qori’ah akan tetapi juga terhadap warga masyarakat muslim untuk lebih mencintai membaca serta menghayati makna dan isi kandungan Al-Quran serta dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

 “Event MTQN kirannya dapat memberi nilai tambah bagi perubahan sikap, mental, akhlak dan kepribadian” ujar Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH saat membuka secara resmi MTQN ke-46 dan Festival Seni Nasyid (FSN) ke-42 di lapangan Bola Kaki Pekan Bahorok Kecamatan Bahorok, Rabu (27/2) malam.
Bupati yang hadir didampingi Ketua TP.PKK Ny. Hj. Nuraida Ngogesa juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut menjadi satu diantara filter dari pesatnya pengaruh budaya bernuansa barat yang sebahagian tidak sesuai dengan tatanan kehidupan budaya timur akhir-kahir ini, lebih lanjut diuraikan kegiatan itu sejalan dan merupakan bagian penjabaran visi terwujudnya masyarakat Langkat yang religius. 
Dikesempatan tersebut secara pribadi Bupati Haji Ngogesa menyatakan akan membantu dana transportasi bagi 48 official yang masing-masing akan menerima sebesar Rp. 200, kemudian cenderahati bagi seluruh official, dewan hakim, peserta dan pemilik tempat pemondokan bagi peserta yang berjumlah 1240 helai, bagi yang mejadi Qori terbaik juara MTQ nantinya Bupati Langkat itu akan memberangkatkan umroh bagi orang tua yang bersangkutan karena dinilai telah memiliki andil besar sehingga mampu membina putra-putrinya menjadi yang terbaik.
Ketua Panitia Pelaksana MTQN ke-46 dan FSN ke-42 Drs. H. Surya Djahisa, M.Si yang juga Sekdakab Langkat, melaporkan kegiatan berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 27 s/d 3 Maret 2013, yang diikuti  oleh seluruh kontingen dari 23 Kecamatan se-Kab. Langkat, terdiri atas official 48 orang dan peserta 540 orang.
Cabang-cabang yang diperlombakan diantaranya cabang Tilawah tingkat anak-anak, dewasa dan remaja, cabang Hifzil Qur’an 1juz, 5juz, 10juz, 20juz, dan 30juz, cabang Tartil Qur’an, cabang Fahmil Qur’an, cabang Syahril Qur’an dan cabang Khattil Qur’an.
Sedangkan untuk FSN diikuti oleh 31 grup nasyid putra dan putri. Jika dikalkulasikan dari tahun sebelumnya untuk tahun 2013 ini jumlah peserta MTQN sama dengan peserta pada tahun 2012 yakni jumlah official dan peserta seluruhnya 588 orang. untuk FSN juga sama dengan tahun sebelumnya sejumlah 31 group nasyid putra dan putri.
Pada kegiatan tersebut Pemkab bekerjasama dengan panitia lokal, BKPRMI, pengusaha kecil, dan pengerajin home industri juga mengadakan bazaar, Selama pelaksanaan kegiatan para Khafilah dari 23 Kecamatan ditempatkan di perumahan penduduk, sebagai wujud silaturahim sekaligus membangun rasa kebersamaan, yang telah dipersiapkan konsumsi dan akomodasi lainnya.
Sementara Camat Bahorok Drs. Sekula Singarimbun atas nama masyarakat di wilayahnya, menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Bupati Langkat yang telah mempercayai daerahnya sebagai tuan rumah MTQN dan FSN tahun ini. “Kegiatan ini sudah lama kami nantikan Pak, Insyaallah kepercayaan ini akan kami tunaikan semaksimal kemampuan yang ada ” ujarnya.
Walau diwarnai hujan pembukaan MTQN dan FSN yang ditandai dengan penekanan bell sehingga terbukanya replika Al-Quran raksasa yang muncul dari sebuah durian raksasa sebagai icon daerah tersebut mampu menyedot perhatian masyarakat yang sama sekali tidak memperdulikan guyuran hujan, kemudian disertai pemukulan bedug yang disambut kelompok paduan suara para pelajar Kecamatan Bahorok yang membawakan lagu Mars MTQN serta tarian persembahan. Selanjutnya Penyerahan trophy piala bergilir dari pemenang tahun lalu Kecamatan Stabat kepada Bupati Langkat dan seterusnya diberikan kepada Panitia untuk diperebutkan kembali.
Sebelumnya Bupati, Wakil Bupati Budiono, SE beserta unsur Muspida menerima pawai ta’aruf para Khafilah yang didampingi official Camat dan KUA masing-masing.Hadir pada acara tersebut antara lain Kajari Stabat Henderi, SH, MH, Ketua PN Stabat Ahmad Yassin, SH, para Komandan Satuan di wilayah Langkat – Binjai, Ketua MUI Buya HA. Mahfudz, Ketua DWP Hj. Khairul Bariah Surya, para Asisten dan Staf Ahli, Kepala SKPD, OKP dan Ormas serta para pelajar.(Awaluddin / Langkat)

Posting Komentar

Top