0

PEGAJAHAN | GLOBAL SUMUT - Dalam upaya meningkatkan pendidikan anak pra sekolah, Pemkab Serdang Bedagai melalui Forum Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) dan Universitas Negeri Medan (Unimed) mengadakan pelatihan bagi 185 tutor Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) dari 106 kelompok belajar PAUD se-Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).
  
Pelatihan Kompetensi Tenaga Pendidik PAUD se-Kabupaten Sergai ini berlangsung dua hari dan dibuka secara resmi oleh Plh. Bupati Sergai Drs. H. Haris Fadillah MSi diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan Drs. M. Aladin Berutu bertempat di Gedung Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Kamis (28/2).

Turut hadir Wakil Ketua Forum PAUD Sergai Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, Wakil Ketua Panitia Ny. Dra. Hj. Dewi Iriani Rapotan MPd, Camat Pegajahan Misran SE, fasilitator dari Unimed dan Balai Pengembangan Pendidikan Non Formal & Informal (BPPNFI) Regional I Medan, Ketua HIMPAUDI, Ketua Forum PAUD Kecamatan se-Sergai.

Plh. Bupati Sergai Drs. H. Haris Fadillah MSi dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Aladin Berutu mengatakan pendidikan itu bukan saja pendidikan formal seperti SD, SMP, SMA sederajat dan Perguruan Tinggi. Selain pendidikan formal tersebut ada juga pendidikan nonformal dan informal yang salah satunya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUDNI). PAUDNI merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis karena diberikan pada usia emas (golden age) sebagai peletak dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya, ujar Plh. Bupati Sergai.

Dengan adanya program PAUD, anak usia dini di pedesaan yang sebagian besar tidak dapat mengikuti pendidikan jenjang pra sekolah tetap mendapatkan perhatian dari pemerintah melalui pemberdayaan dan peningkatan jumlah kelompok-kelompok belajar terpadu di pedesaan.

Namun demikian kata Plh. Bupati Sergai Haris Fadillah, mengingat keterbatasan pemerintah maka kepada masyarakat juga sangat diharapkan peran sertanya untuk ikut mendukung dan berpartisipasi aktif dalam pembentukan kelompok-kelompok belajar di daerah masing-masing.

Melalui pelatihan Plh. Bupati Haris Fadillah ini menghimbau kepada para pendidik PAUD yang terdiri dari berbagai latar belakang agar terus menimba ilmu sebagai bekal pengetahuan tentang proses belajar mengajar di PAUD ini. Terlebih lagi keberhasilan Forum PAUD Sergai sebagai Juara II Pengelola PAUD di tingkat Nasional.

Kepada semua elemen masyarakat baik pemerintah, orang tua dan guru dituntut untuk bersama memberi perhatian kepada anak-anak khususnya usia dini, harap H. Haris Fadillah.

Sementara itu Wakil Ketua Forum PAUD Ny. Hj. Imas Haris Fadillah dalam sambutannya menjelaskan bahwa anak usia dini merupakan periode kritis dalam tumbuh kembang anak sehingga akan sangat berpengaruh kepada kecerdasan (intelengensia) anak.

Penyelenggaraan program PAUD ditujukan bagi keluarga yang kurang mampu dipedesaan, untuk itu diharapkan agar pemerintah dan masyarakat selalu mendukung dan membantu penyelenggaraan program PAUD ini, ungkap Ny. Hj. Imas Haris Fadillah.

Di Kabupaten Sergai telah terbentuk 401 KBPT yang terdiri dari 79 kelompok yang diselenggarakan Forum PAUD dan 322 kelompok yang diselenggarakan masyarakat dengan jumlah murid sebanyak 15.494 orang.

Sebelumnya Wakil Ketua Panitia Ny. Dra. Hj. Dewi Iriani Rapotan MPd melaporkan bahwa pelatihan kompetensi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas para pendidik PAUD yang mengabdikan diri di 401 KBPT se-Sergai dengan membekali pengetahuan tentang metode dan teknis pelaksanaan proses belajar mengajar.
          Materi pelajaran yang diberikan kepada para tutor pada pelatihan itu yakni  metode dan teknis pelaksanaan proses belajar mengajar bagi anak usia dini dengan fasilitator Dra. Nasria MPd, Dra. Damaiwaty Ray MPd, Dra. Kamtini M.Pd dan Drs. Husni Wardi Tanjung MPd dari Unimed serta Dra Ivo Yani MPd dan Dra. Syaibatul Aslamiyah PSi dari Balai Pengembangan Pendidikan Non Formal – Informal (BPPNFI) Regional I Medan.(nov/gs)

Posting Komentar

Top