0
STABAT | GLOBAL SUMUT - Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH meninjau sunatan  massal yang diselenggarakan pada  rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT ke 67 PWI tingkat Sumatera Utara berlokasi di aula Kantor Camat Stabat, Kamis (18/4).

Pada kunjungannya tersebut Bupati didampingi Asisten Ekbangsos Indra Salahuddin dan Asisten Tata Pemerintahan Abdul Karim yang disambut Camat Stabat M. Noerta dan Ketua PWI perwakilan Langkat H. Ibnu Kasir langsung menghampiri dan memberikan semangat kepada anak – anak yang dikhitan, sekedar menghibur para peserta sunatan massal Bupati Haji Ngogesa memberikan beberapa pertanyaan yang menghibur dan mengarahkan  anak–anak itu untuk berdo’a dan bernyanyi sembari menunggu proses khitanan selesai.

Jangan takut, siapa yang bisa jawab pertanyaan Saya diberikan hadiah”, kata Bupati memberi semangat kepada mereka sembari mengajak bernyanyi dan berdo’a. Satu persatu para peserta khitanan dihampiri olehnya sekedar memberikan semangat dan menghibur mereka.

“Anak laki – laki itu harus kuat, tidak boleh menangis,” ujarnya lagi, dirinya juga sempat menanyakan tentang perawatan pasca khitanan kepada koordinator khitanan dr. Hasby.

Dijelaskan Hasby para peserta khitanan nantinya akan dirujuk ke Puskesmas-puskesmas sesuai domisili masing-masing untuk perawatan berjalan dan kesemuanya ditanggung pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat sampai sembuh dan hal tersebut juga telah diperintahkan kepada pihak Puskesmas melalui Kadis dr. Gunawan begitu juga kepada para orang tua anak-anak yang dikhitan.

Sementara Sekretaris Panitia Selamat, S.Pd mengatakan para peserta khitanan yang telah terdata diperkirakan berjumlah ± 250 orang berasal dari 23 Kecamatan se-Kabupaten Langkat juga diberikan bingkisan masing-masing berupa sehelai kain sarung dan santunan sebesar Rp. 100 ribu serta diberikan fasilitas antar-jemput menggunakan Bus milik Pemkab Langkat, “Kesemuanya ini tidak terlepas dari bantuan Pak Bupati”, sebut Selamat.

Lebih lanjut dikatakannya sunatan itu dilakukan dalam 2 tahap yakni pada wilayah Langkat Hulu dan Teluk Aru dengan jumlah peserta 142 yang dipusatkan di Kecamatan Stabat dan besok (Hari ini) akan dilanjutkan bagi wilayah Langkat Hulu yang dilaksanakan di Kantor Camat Salapian dengan jumlah peserta yang dipekirakan ± 108 orang.

Pagi hari sebelumnya panitia bersama Camat Stabat M. Noerta juga sempat melakukan penghijauan di Desa Banyumas yang terpilih akan menjadi Desa binaan bagi PWI Sumut, ± 500an bibit pohon mahoni ditanam dan dibagikan kepada warga setempat untuk ditanam dan dirawat di pekarangan rumah masing-masing, selanjutnya PWI kata Selamat menyusul secara bertahap juga akan memberikan bibit tanaman produksi seperti rambutan dan mangga untuk ditanam dirumah-rumah warga.

Dibantu puluhan pemuda yang menamakan dirinya Gabungan Anak Simpang (GAS) Banyumas kegiatan berlangsung aman dan lancar, para warga juga mengambil bibit-bibit tanaman yang tersedia untuk dibawa pulang dan ditanam.

GAS yang merupakan wadah perkumpulan para pemuda didaerah tersebut juga telah sepakat untuk membantu segala program Pemerintah dibawah kepemimpinan Bupati Haji Ngogesa yang pada dasarnya berupaya memberikan kesejahteraan bagi kehidupan masyarakat khusunya di Desa Banyumas dan wilayah sekitarnya.(Awaluddin / Langkat)

Posting Komentar

Top