0

PANTAI CERMIN | GLOBALSUMUT - Sebanyak 1900 anak-anak Kelompok Bermain Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu (KBPT)  tahun 2012-2013 dari 17 Kecamatan se-Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) diwisuda massal sekaligus diberikan akte kelahiran gratis oleh Bupati Sergai Ir. H.T. Erry Nuradi, M.Si bertempat di open stage kawasan wisata Theme Park Pantai Cermin, Rabu (29/5).
Hadir pada acara wisuda pelepasan anak didik PAUD dan lomba kreativitas anak didik PAUD dalam rangka Hari Anak Nasional se-Kabupaten Sergai tahun ajaran 2012-2013 ini Ketua Forum PAUD sekaligus Bunda PAUD Sergai Ny. Hj. Evi Diana Erry, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, Kepala BP2AKB Hj. Irwani Jamilah SH, Kabag Humas Dra Indah Dwi Kumala, Ketua HIMPAUDI Sergai Ny. Dr. Hj. Nora Violita Bakri Tanjung Nasution, para ketua TP PKK Kecamatan, para tutor PAUD dan ribuan orang tua wisudawan PAUD.
Selain menggelar perayaan wisuda sekaligus melepas anak-anak yang akan memasuki usia Sekolah Dasar (SD), juga dirangkaikan dengan lomba kreativitas anak sebagai persiapan menyambut Hari Anak Nasional (HAN) antara lain lomba hembus balon, estafet bola dan petualangan bendera.
Bupati Sergai Ir. H.T. Erry Nuradi MSi dalam arahannya mengatakan bahwa pendidikan merupakan basic needs (kebutuhan dasar) bagi masyarakat. Untuk itu sangat penting bagi pemerintah daerah agar memberikan layanan pendidikan sedini mungkin bagi anak sebagai generasi penerus estafet pembangunan.
Mengingat usia dini merupakan masa emas untuk meletakkan dasar bagi tumbuh kembang anak secara optimal sehingga menjadi generasi yang berkualitas dan berkarakter di masa yang akan datang. Oleh karenanya, Pemkab Sergai mengapreasiasi masyarakat daerah ini atas sambutan yg baik atas keberadaan PAUD khususnya di pedesaan. Melalui prakarsa dan inisiatif ibu-ibu dari Forum PAUD, masyarakat yang berdomisili di desa dapat menyekolahkan anaknya sejak usia dini tanpa harus menempuh jarak jauh keluar dari desanya, ungkap Bupati.
Semoga dengan kerjasama semua elemen termasuk Camat selaku pembina Forum PAUD Kecamatan, kegiatan belajar dan bermain di PAUD dapat terus terlaksana dan dikembangkan demi menciptakan generasi yang terdidik sejak dini dan siap memasuki jenjang pendidikan dasar, harap Bupati.
Sebelumnya Ketua Forum PAUD Sergai Ny. Hj. Evi Diana Erry sekaligus selaku Bunda PAUD menyampaikan bahwa sampai tahun ajaran 2012, Sergai  telah memiliki  77 Kelompok Bermain PAUD Terpadu (KBPT) yang berlokasi di 79 desa di 17 kecamatan dengan jumlah anak didik sebanyak 2800 orang.
Dengan adanya KBPT ini tidak hanya mendidik anak melalui guru/tutor, akan tetapi orang tua juga mendapatkan pembinaan untuk dapat merangsang tumbuh kembang anak melalui kelompok bina keluarga balita. Selain itu diadakan pelayanan kesehatan melalui Posyandu untuk penimbangan, pemeriksaan gigi, imunisasi dan lainnya, jelas Evi Diana.(umm)

Posting Komentar

Top