0
STABAT   | GLOBAL SUMUT -Perolehan tingkat kelulusan SMA sederajat di Kabupaten Langkat menggembirakan dan memuaskan karena menembus angka 100%. Hasil diraih tidak terlepas dari kerja keras pelajar, orangtua atau wali murid, guru dan perhatian penuh Bupati Langkat, H Ngogesa Sitepu SH, memberikan motivasi sebelum dilaksanakannya Ujian Negara (UN). 

“Alhamdulillah, hasil kelulusan ujian nasional untuk tingkat sekolah lanjutan atas sederajat cukup maksimal mencapai seratus persen. Dari 11.399 peserta yang mengikuti, semuanya lulus dan ini cukup menggembirakan sekaligus membanggakan,” kata Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar) Pemkab Langkat, Sujarno, di Stabat kemarin.
Padahal seperti diketahui, tercatat beberapa sekolah mengikuti UN dengan soal foto copy karena pendistribusiannya ketika itu sedikit terganggu. Masih tentang kurang mulusnya pendistribusian terjadi, akibat lain ditimbulkan menyebabkan diantara peserta beberapa sekolah terpaksa mengalami penundaan ikuti ujian.
Masih penuturan mantan Kabag Kessos ini, jumlah siswa terdaftar keseluruhan mengikuti UN semestinya 11.540. Namun hingga saat pelaksanaannya yang hadir hanya 11.399, sementara 141 lainnya drop out atau tidak sampai mengikuti UN. 
Berdasarkan hasil diraih tersebut, Sujarno berharap tingkat kelulusan pelajar SMA sederajat menjalar atau terus berlanjut ke dua tingkatan di bawahnya yakni SMP maupun SD. Masih terkait kelulusan, keseluruhan hasil positif sangat ditentukan oleh kerja keras pelajar sebagai peserta maupun dukungan orang tua ataupun wali serta keseriusan pendidik menjalankan tugas dan fungsi.
Atas raihan itu, Sujarno berharap seluruh pihak terlibat di dinas dia pimpin tidak cepat puas namun meningkatkan terus kinerja untuk mewujudkan visi Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH tentang dunia pendidikan berkualitas.
“Hasil yang sangat menggembirakan dan membanggakan ini, merupakan hasil kerja keras siswa dengan dukungan orang tua atau wali murid serta keseriusan para guru menjalankan tugas fungsinya. Hal lainnya, tentu saja perhatian Bupati H Ngogesa Sitepu yang acapkali memberikan spirit kepada pelajar sebelum menghadapi UN. Insya Allah, dunia pendidikan berkualitas terwujud selaras dengan visi pak Bupati,” ungkap Sujarno.

Sepertinya kelulusan tergolong fantastis ini, disambut lahirnya atau disahkannya Peraturan Daerah (Perda) tentang pendidikan beberapa hari sebelumnya oleh DPRD Kab Langkat. Dengan maksud menciptakan pendidikan berkualitas bagi peserta didik, merata ke seluruh daerah, berbiaya rendah dan terjangkau semua lapisan masyarakat serta terselenggaranya pendidikan dengan dukungan aparatur berkualitas.
(Awaluddin / Langkat)

Posting Komentar

Top