0
BRANDAN | GLOBAL SUMUT -Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH melepas 700 orang peserta napak tilas dalam suatu upacara rangkaian peringatan hari bumi hangus kota minyak Pangkalan Berandan ke 66 tahun 2013 di lapangan serba guna perumahan Tangkahan Durian Kecamatan Berandan Barat, Rabu (19/6).

“Berandan bumi hangus bagian integral dari perjalanan sejarah perjuangan menegakkan dan mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara” ujar Bupati H. Ngogesa seraya berharap kegiatan tersebut dapat menginspirasi generasi muda agar menghargai peran dan jasa besar para pejuang yang telah menunjukkan sikap tegasnya terhadap tindakan sewenang-wenang penjajah.

Dikatannya, masyarakat Langkat patut berbangga karena pada peristiwa 13 agustus 1947 silam dapat bersatu padu dengan pejuang menghalangi niat penjajah untuk menguasai tambang minyak di P. Berandan walau dengan cucuran keringat, air mata dan darah.

“Semangat rela berkorban demi kepentingan lebih besar inilah yang selayaknya ditiru agar tetap terpatri dan bersemayam didada putra-putri bangsa” seru Bupati yang hadir bersama Dandim 0203 Langkat Letkol Inf. Tri Saktiyono, Wakapolres Kompol Safwan Khayat, dan Plh. Sekda dr. Indera Salahudin.

Lebih lanjut dikatakan dia, musuh utama saat ini bukanlah serangan dari luar namun keretakkan nilai persatuan yang gemar bertindak anarkis, mengganggu privasi orang lain dan bermental lemah yang harus menjadi prioritas bersama dalam penanganannya. Diingatkan juga bahwa tak ada kemajuan tanpa perjuangan, tak ada perjuangan tanpa pengorbanan dan tak ada pengorbanan tanpa kesadaran.

Sebelumnya Ketua seksi napak tilas Musa Pasaribu melaporkan jumlah peserta yakni 70 regu terdiri dari 25 regu tingkat SLTP, 25 SLTA dan 20 umum yang akan menempuh jalur yang telah ditentukan dan berakhir di taman makam pahlawan bahagia P. Berandan sekaligus mengikuti kegiatan ziarah yang juga dilaksanakan, kemudian pada malam harinya digelar acara temu juang dan sarahsehan di lapangan Kampung Baru, sedangkan pawai karnaval bersama dengan siswa TK, SD, SLTP dan SLTA lainnya akan berlangsung kamis (20/6 hari ini).

Hadir dalam acara Anggota DPRD Langkat Syafrizal, Staf Ahli Bupati Amir Hamzah, Kadis Dikjar H. Sujarno, Kadis Kesehatan dr. Gunawan, Kabag Kessos H. Syahrizal, Camat se-wilayah teluk aru dan tokoh masyarakat Langkat H. Safruddin Basir.(Awaluddin / Langkat)

Posting Komentar

Top