0
PERBAUNGAN | GLOBAL SUMUT - Berdasarkan hasil survey dan penelitian di lapangan, minat baca masyarakat khususnya membaca buku di Indonesia masih relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.
             
Oleh sebab itu perlu ditempuh upaya-upaya dalam mendongkrak minat baca masyarakat khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menjadi daerah yang memiliki visi menjadi daerah terbaik di Indonesia. Salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan meningkatkan mencerdaskan masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan banyak membaca.
             
Hal ini diungkapkan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya sekaligus meresmikan Warung Pintar Lions Club Medan Kasuari yang bertempat di Dusun IV Kota Galuh Kecamatan Perbaungan, Minggu (21/7).
             
Turut hadir dalam acara peresmian Warung Pintar pertama di Sergai tersebut Gubernur Distrik Lions Club Indonesia D 307 A2 Harrison Law, Presiden Lions Club Medan Kasuari dr. Sofyan Tan, Anggota DPRD Sumut H. Alamsyah Hamdani SH, Kabag Humas Dra Indah Dwi Kumala, Kabag Umum Fitriadi S. Sos, MSi, Tokoh masyarakat Kota Galuh Lie Ho Peng, Budi Wistan serta sejumlah pengurus Lions Club Medan Kasuari dan Kesawan.
            
Lebih lanjut diungkapkan Bupati Ir. H. Soekirman bahwa dengan agama hidup lebih teratur, dengan ilmu pengetahuan hidup lebih mudah dan dengan seni hidup menjadi indah. Oleh karenanya ilmu pengetahuan sangat penting untuk terus dicari dan dikembangkan melalui membaca. Keberadaan warung pintar ini diharapkan akan membangkitkan minat baca masyarakat di Desa Kota Galuh ini khususnya dan masyarakat sekitarnya.
             
Kepada Lions Club Medan Kasuari yang telah memprakarsai didirikannya Warung Pintar Pertama di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini, Bupati Sergai mengungkapkan apresiasinya sekaligus mengharapkan sesegera mungkin dibentuk Lions Club Cabang Sergai. Karena keberadaan Lions Club dinilai akan memberikan manfaat positif bagi masyarakat Sergai khususnya dalam hal kemasyarakatan, jelas H. Soekirman.
             
Presiden Lions Club Medan dr. Sofyan Tan memaparkan bahwa Inisatif pendirian Warung Pintar merupakan satu rangkaian dengan bedah warung atas Warung Amoy yang terkenal dengan mie hun goreng dengan kuah kari ayam yang sangat diminati oleh para pengunjung Tionghoa dari Medan maupun masyarakat sekitarnya. Hal inilah yang menjadi awal dari didirikannya Warung Pintar ini karena dianggap sangat potensial untuk dijadikan sebagai taman bacaan masyarakat mengingat banyaknya pengunjung yang makan di warung Amoy tersebut.
             
Setelah bedah warung dilakukan selama 3 minggu, saat ini warung Amoy sudah memiliki tampilan yang lebih baik, higienis dan menarik serta ditambah dengan keberadaan Warung Pintar yang berdampingan disebelahnya dengan ratusan buku umum dan majalah akan terus menambah pengunjungnya baik dari daerah sekitar maupun pengunjung dari luar Sergai, harap Sofyan Tan.

Peluang Bisnis Untuk Masyarakat
Sementara itu disela-sela peresmian Warung Pintar ini, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengajak masyarakat di daerah ini khususnya Kecamatan Pantai Cermin dan Perbaungan agar menyikapi dengan bijak peresmian Bandara Kuala Namu yang kurang dari 5 hari lagi akan dioperasionalkan.  
             
Dengan diresmikannya Bandara Internasional yang jaraknya hanya 5 KM dari Kecamatan Pantai Cermin ini,  secara otomatis akan menjadi peluang bisnis bagi masyakat sekitarnya seperti usaha biro perjalanan (travel biro) untuk penyediaan tiket dan paket city tour ke daerah wisata seputar Kabupaten Sergai. Selain itu banyak peluang usaha lainnya yang bisa dijajaki secara kreatif yang berhubungan dengan sektor UKM maupun pariwisata.
             
Dengan demikian diharapkan akan terus meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di daerah tanah bertuah negeri beradat ini yang terkenal dengan budaya dan potensi wisata baharinya, tutup Bupati Soekirman.(umm|Gs)

Posting Komentar

Top