0
PERBAUNGAN | GS - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mengharapkan koperasi mampu membangun kemandirian dan profesional agar menjadi kuat dan mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Hal ini sesuai dengan tema yang diusung pada peringatan tahun ini ”Sejahtera Bersama Koperasi” yang mengandung makna bahwa melalui koperasi dapat meningkatkan kesejahteraan setiap anggota koperasi sehingga setiap anggota mampu memenuhi semua kebutuhan hidupnya sendiri maupun kebutuhan anggota dan keluarganya.
Demikian hal ini disampaikan Bupati Sergai Ir. H.Soekirman pada acara peringatan HUT Koperasi ke-66 Kabupaten Sergai bertempat di lapangan kantor Camat Perbaungan, Jumat (26/7). Turut hadir dalam peringatan ini Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) RI Amrih Wigiati, mewakili Kadis Koperasi dan UKM Provsu Kabid Usaha dan Koperasi Drs. M. Haikal, Kapolres Sergai AKBP Arif Budiman SIK, MH, Kajari Sei Rampah Erwin Panjaitan SH, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, kepala SKPD dan Camat, Ketua Dekopin Sergai H. Adam Nuh, para kepala desa, tokoh masyarakat, kaum dhuafa dan para siswa SLTA.
Lebih lanjut Bupati H. Soekirman mengatakan Kabupaten Sergai terus berperan aktif dalam bidang perkoperasian, hal ini dibuktikan dengan penghargaan dari Menteri Koperasi sebagai Kabupaten Koperasi. Untuk Pemkab Sergai mengajak masyarakat dengan adanya 344 unit koperasi di daerah ini dapat bersikap dinamis, positif dan optimis dapat diberdayakan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi dan usaha kecil menengah sekaligus menjadi ujung tombak, pelaku utama untuk menggerakkan perekonomian rakyat yang akhirnya akan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan anggota secara khusus dan masyarakat sekitar. 

Untuk itu, Ir. H. Soekirman juga mengharapkan kepada pengurus dan badan pengawas koperasi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dan tidak menyalahgunakan wewenang sebagaimana yang diamanahkan para anggota. Oleh karena itu perlunya trisukses didalam menjalankan koperasi dalam tiga hal yakni sukses administrasi, pelayanan anggota dan sukses pertanggungjawaban dengan tujuan untuk mensejahterakan semua anggotanya.

Dalam menyikapi modernisasi perubahan ekonomi yang pesat dan setelah diresmikannya Bandara Kuala Namu International Airport (KNIA) tentunya memberi peluang bagi pelaku usaha baik dibidang ekonomi maupun pariwisata. Oleh karenanya Bupati Sergai menghimbau kepada semua stakeholder baik pemerintah maupun pelaku ekonomi yang terdiri dari BUMN, swasta dan koperasi saling bekerjasama dan bersinergi dalam memajukan kabupaten tanah bertuah negeri beradat ini di segala bidang, misalnya pariwisata, wisata kuliner, perhotelan serta hasil-hasil UMKM, pungkas Bupati Soekirman.
Sebelumnya Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kemenkop dan UKM RI Amrih Wigiati dalam arahannya mengatakan Kementerian Koperasi dan UKM telah banyak meluncurkan program yang membantu Kabupaten/Kota dalam bidang koperasi dan UMKM khususnya peningkatan akses pasar produk usaha kecil melalui pasar rakyat, maka Kemenkop dan UKM RI mengajak kepada seluruh kepada Kabupaten/Kota agar di dalam bidang UMKM lebih menekankan produk industri rumah tangga (home industry) bukan produk pabrikan.

Dalam sambutan Kadis Koperasi dan UKM Provsu Drs. Masri MSi yang dibacakan Kabid Usaha dan Koperasi Drs. M. Haikal peringatan Hari Koperasi sebagai momentum pemahaman kepada masyarakat untuk memberikan motivasi agar mendirikan koperasi bukan hanya sebagai ikut-ikutan melainkan merupakan kebutuhan. Hal ini disesuaikan dengan program Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (Gemaskop) dimana dari tahun 2011-2012 telah mengalami peningkatan pertumbuhan koperasi sebanyak 3% dari 10.879 koperasi menjadi 11.206 koperasi. Pertumbuhan koperasi harus dibarengi peningkatan kualitas sumber daya manusianya dimana pengurus harus memiliki kopetensi dan mampu menggunakan informasi teknologi dan dikelola secara profesional. Drs. Masri mengharapkan perkembangan koperasi di Kabupaten Sergai lebih baik lagi dimasa yang akan datang sehingga dapat mewujudkan harapan Bung Hatta sebagai Bapak Koperasi yakni sebagai soko guru perekonomian bangsa.
Kadis Sosnakerkop Sergai H. Karno SH, MAP melaporkan bahwa Peringatan Hari Koperasi ini dirangkaikan dengan pasar rakyat berupa paket sembako sebanyak 1.430 paket, UKM Ramadhan serta diwarnai dengan pemberian hadiah bagi koperasi berprestasi, bingkisan lebaran berupa paket sembako kepada kaum dhuafa dan hadiah bagi siswa Lomba Cerdas Tangkas (LCT).

Peresemian Pasar Rakyat  Ramadhan 1434 H
Usai acara peringatan Hari Koperasi ke-66, dilanjutkan dengan Peresmian Pasar Rakyat Ramadhan 1434 H yang diresmikan secara langsung oleh Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman. Tujuan diselenggarakannya pasar rakyat ini untuk membantu masyarakat kurang mampu dapat membeli sembako dengan harga yang lebih murah daripada di pasar.
Pasar Rakyat Ramadhan yang dilaksanakan pada tanggal 25-26 Juli 2013 diikuti oleh beberapa stand diantaranya Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Kabupaten Sergai, KPRI Lestari, PNPM Hapsari, radio U-FM serta pelaku UMKM di Serga.

Posting Komentar

Top