0
STABAT | GLOBAL SUMUT-Keluarga merupakan pondasi kekuatan yang akan menciptakan dan membentuk anak – anak tumbuh kreatif, memiliki ilmu dan moral yang baik, disamping faktor suasana lingkungan yang peduli dan memberikan suasana nyaman sangat dibutuhkan bagi terbinanya prilaku positif anak.

Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu. SH menegaskan hal tersebut pada Peringatan Hari Anak Nasional Kabupaten Langkat tahun 2013 di Lapangan Alun – ALun T. A. Hamzah, Stabat, selasa (24/9).

H Ngogesa juga menyampaikan bahwa hal itu akan terwujud, bila setiap orang tua menaruh perhatian besar serta melaksanakan fungsi dan peran orang tua sebagai teladan, sebagai pengayom dan sebagai pendidik dalam memberikan pendidikan kepada anak sekaligus selalu berupaya melakukan pencegahan dan penanganan terhadap masalah kekerasan dan exploitasi anak baik yang terjadi di keluarga maupun di lingkungan masyarakat, guna mengantisipasi meningkatnya kekerasan pada anak di Kabupaten Langkat.

“ Sebagai orang tua hendaklah berupaya memberikan keteladanan terhadap anak – anak kita dengan memberikan kasih sayang dan kelembutan serta menghindari prilaku kekerasan sekaligus melalui moment ini marilah kita semua belajar atas berbagai peristiwa dan kejadian yang menyangkut keteledoran kita sebagai orang tua dalam menumpahkan kasih sayang terhadap anak, dan sebagai anak teruslah berupaya untuk selalu belajar,  melihat dan melakukan hal – hal yang baik sehingga terhindar dari kebiasaan buruk yang terjadi”, ujar Bupati Langkat tesebut kepada semua hadirin dan anak – anak yang hadir sembari memberikan hadiah langsung bagi anak yang mampu menjawab pertanyaan.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Langkat H. Sujarno S. Sos selaku ketua panitia melaporkan sesuai nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak dan melaksanakan surat  Keputusan Bupati Langkat nomor 463. 05 – 66 / K / KB – PP / 2013 tentang pembentukan panitia peringatan Hari Anak Nasional ( HAN ) tahun 2013 bahwa tema Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2013 hari anak nasional tahun 2013 yakni “Indonesia yang ramah dan peduli anak di mulai dari pengasuhan dalam keluarga”,  yang bertujuan meningkatkan peran serta pemerintah, dunia usaha, masyarakat, keluarga dan orang tua dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak sekaligus secara khusus untuk mewujudkan sekolah ramah anak puskesmas dan rumah sakit, tersedianya wahana bermain, unjuk prestasi kreatifitas dan karya inovatif anak serta meningkatkan dan memperluas kerja sama antara Pemerintah dan masyaarakat dalam mendukung program yang baik bagi anak.

H. Sujarno juga menjelaskan rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional Kabupaten Langkat tahun 2013 dilaksanakannya kunjungan bakti sosial ke Panti Asuhan Al wasliyah T. Pura, perlombaan pentas seni untuk tingkat SMA, pelantikan forum anak Kabupaten Langkat, perlombaan peragaan busana daerah /  profesi untuk tingkat taman kanak- kanak, pemberian akte kelahiran gratis bagi anak kelahiran 1 tahun dari keluarga prasejahtera sebanyak 230 akte, pemberian bantuan peralatan sekolah kepada anak dari keluarga prasejahtera serta kegiatan lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TP. PKK Kabupaten Langkat Hj. Nuraida Ngogesa mengajak dan menghimbau agar moment Peringatan Hari Anak Nasional ini menjadi sebuah cerminan dan evaluasi terhadap peran dan kemampuan kita dalam membekali anak – anak  sebagai generasi penerus yang memiliki akhlak dan moral serta kecerdasan yang baik.

Pada kegiatan yang dihadiri Anggota DPRD Langkat, H. Rahmanuddin Rangkuti, SH, MKn, Plt Sekdakab Langkat dr. H. Indra Salahuddin MKes, Kepala Kantor Kementrian agama, para SKPD, Pengurus PKK Kabupaten/ Kecamatan Kabupaten Langkat, Darma Wanita Kabupaten, camat, tokoh masyarakat, dan pelajar SD/ SMP / SMU/ SMK/ dan anak – anak se – Kabupaten Langkat, juga diserahkan hadiah bagi pemenang Lomba Pentas Seni, dan Peragaan Busana Daerah  langsung oleh Bupati beserta Ketua TP. PKK Kabupaten Langkat dan anggota DPRD Langkat kepada pelajar berprstasi dan anak – anak penerima akte.(Awaluddin/Langkat)

Posting Komentar

Top