0
LABURA | GLOBAL SUMUT- Pembangunan infrastruktur sarana prasaran jalan di Desa Teluk Pulai Dalam Kecamatan Kualuh Ledong Kabupaten Labuhanbatu Utara(Labura) ,hasil pembangunan swadaya masyarakat serta  hasil  pendapatan Desa dari pengutipan retribusi palang Desa.
 
Hal ini terungkap dari salah seorang kepala Dusun(Kadus) Desa Teluk Pulai dalam  yang enggan jati dirinya dipublikasikan saat berbincang –bincang dengan GS   Selasa(19/11) .Jalan Desa Teluk Pulai Dalam sepanjang 14 KM yang merupakan jalan lintas Sumatera(jalinsum) menuju kecamatan Kualuh Ledong menjadi tanggungjawab Desa.
 
Sepanjang 14 KM jalan Desa Teluk Pulai Dalam, infrastruktur sarana prasarana pembangunan jalan Desa ini adalah berkat hasil pendapatan Desa dan pengutipan retribusi palang desa. Dan juga pembangunan perkerasan jalan disetiap dusun pun hasil pembangunan swadaya masyarakat. Dan juag dibantu dengan Pembangunan Nasional Peberdayaan Masyarakat(PNPM) .Dengan adanya beridirinya palang Desa itu , sangat membantu sekali untuk pembangunan dan perkerasan jalan –jalan yang ada didusun Desa ini.
 
Saat ditanya, apakah sejak Johan Simbolon menjadi Kepala Desa( Kades) Desa Teluk Pulai Dalam , ada kemajuan pembangunan di Desa ini?  Dengan tegas oknum Kadus itu mengatakan” Sejak Johan menjadi Kades di Desa ini, kami telah mulai dapat  merasakan nikmat jalan desa ini , walaupun hanya pembangunan perkerasan jalan yang dihasilkan dari swadaya masyarakat dan hasil palang desa. Walaupun Kades teluk Pulai dalam seorang anak muda, namun jiwa membangunnya sangat luar biasa, karena Johan itu adalah murni dipilih masyarakat Desa ini,   kami juga yang menggebrak pelantikan Johan sebagai Kades. Karena, pada waktu itu, pihak Pemerintahan pemberdayaan masyarakat Desa(PMD) Kabupaten disinyalir  mempersulit pelantikannya Kades pada saat itu.
 
Ketika Johan Simbolon Kades Teluk Pulai Dalam yang dihubungi GS  via telepon selulernya kamis(21/11) mengatakan,kalau soal pembangunan Desa saya ini , jangan saya bapak Tanya. Selayaknya bapak itu bertanya pada masyarakat dan langsung sama kadus.karena, masyarakatlah yang menilai pembangunan di Desa ini, kalau saya bapak Tanya, secara otomatis saya katakan baik dan bagus,” jadi tanyakan aja langsung sama masyarakat saya ya” katanya dengan singkat  .
 
Sianturi warga dusun Sidangar Desa tanjung Mangedar Kecamatan Kualu Hilir   yang bertentangga dengan Desa Teluk Pulai Dalam,Dengan tegas sainturi pemilik Door Smeer itu mengatakan desa teluk pulai Dalam itu jauh lebih bagus pembangunannya dari dusun kami ini. Pasalnya ,pendapatan retribusi palang desa nya cukup untuk membangun desa.Perkerasan jalan lintas kualuh Ledong menuju kota Kabupaten saja , hasil pembangunan swadaya masyarakat, katanya singkat.(andika/labura)

Posting Komentar

Top