0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Kota Medan berhasil meraih penghargaan peningkatan akuntabilitas kinerja, berdasarkan hasil evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan (AKIP) yang telah dilakukan Kementrian MenPAN-RB dengan predikat CC.
Penghargaan itu langsung diserahkan Menteri Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Republik Indonesia, Azwar Abubakar, kepada Plt Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi, di Gedung Balai Kartini Jalan Jendral Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (29/1). Turut juga menerima penghargaan sejumlah Bupati/Walikota se-Indonesia.

Dari 492 kabupaten/kota yang dievaluasi, 154 daerah yang dianggap baik, termasuk Pemko Medan. Selanjutnya dari 154 kabupaten/kota itu, 4 diantaranya meraih predikat B, sedangkan 150 dapat predikat CC. Untuk kabupaten/kota di Sumatera Utara, ada 26 daerah yang dievaluasi termasuk Kota Medan. Hasilnya Kota Medan bersama Kabupaten PakPak Bharat, Kota Sibolga dan Kota Tebing Tinggi berhasil mendapatkan predikat CC. Selanjutnya 17 kabupaten/kota lainnya meraih predikat C, sedangkan sisanya 4 kabupaten yakni Karo, Labuhan Batu, Nias Barat, Nias Utara dan 1 Kota yaitu Pematang Siantar mendapatkan predikat D.

Dzulmi Eldin menyambut gembira atas penghargaan yang diberikan oleh MenPAN-RB. Sebab, penghargaan yang diterima ini berdasarkan hasil evaluasi, terutama ditujukan untuk menilai implementasi dan pengembangan akuntabilitas kinerja di lingkungan intansi pemerintah, dalam rangka  mendorong terwujudnya pemerintahan yang berorientasi  kepada hasil (result oriented government).

"Alhamdulillah, kita sangat bersukur atas keberhasilan meraih penghargaan dari MenPAN-RB terkait Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota tahun 2013. Penghargaan ini tentunya sangat membanggakan sekali, sebab ini menunjukkan kita secara perlahan terus melakukan perbaikan kinerja untuk menjadi lebih baik. Keberhasilan ini diraih berkat hasil kerja keras  yang telah dilakukan selama ini. Untuk itu saya  mengucapkan terimakasih atas kerja keras dan dedikasi yang telah dilakukan seluruh jajaran Pemko Medan," kataEldin.

Selanjutnya Eldin mengingatkan kepada seluruh jajarannya, mulai dari pejabat yang tertinggi sampai terendah agar tidak puas dengan hasil yang diperoleh ini. Justru saya berharap agar keberhasilan ini dijadikan motivasi untuk terus meningkatkan kinerja sehingga pada penialain selanjutnya kita mendapatkan predikat yang lebih tinggi ini. "Untuk itu mari terus tingkatkan kinerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing, perkuat sinergitas dan kebersamaan.  Insya Allah kita akan mendapatkan hasil yang lebih baik lagi," ungkapnya.

Sementara Kepala Inspektorat Kota Medan, Drs Farid Wajedi MSi, menjelaskan keberhasilan Kota Medan meraih predikat CC ini tentunya sangat membanggakan. Sebab, ini kali pertama ibukota provinsi Sumatera Utara mendapatkan predikat CC, sebelumnya hanya berhasil meraih predikat C.

Dijelaskan Farid, ada 5 komponen yang menjadi dasar penilaian  yang dilakukan Kementrian PAN-RB pada saat melakukan evaluasi yakni perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja serta pencapaian kinerja. Hasilnya menunjukkan akuntabilitas kinerja di lingkungan Pemko Medan semakin baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. "Peningkatan ini harus kita pertahankan dan tingkatkan lagi," ujar Farid.(red)
 

Posting Komentar

Top