0
PENYABUNGAN | GLOBAL SUMUT- Kapolres Mandailing Natal (Madina) AKBP Mardiaz Kusin Dwihananto SIK MHum melalui wakilnya Kompol Marihot Gultom menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan pemetaan kerawanan gangguan keamanan selama Pemilu 2014 berlangsung.
"Sudah diantisipasi dengan pengaturan personel yang berjaga di area kantor KPU, Panwaslu, TPS. Memang jumlah TPS di wilayah hukum Polres Madina tidak setara dengan kekuatan personel.
Tapi, mekanisme pengamanan sudah dikonsep," kata Wakapolres Madina Kompol Marihot Gultom usai memimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Mantap Brata 2014 di Lapangan Apel Polres Madina, Jumat (14/3) lalu.
Lebih lanjut Marihot mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan upaya menekan angka kejahatan selama pemilu berlangsung. Termasuk, meningkatkan operasi cipta kondisi.
"Operasi cipta kondisi terus dilakukan terutama menindak pelaku kejahatan yang meresahkan masyarakat," tegas Marihot.
Sebelumnya saat membacakan sambutan tertulis Kapoldasu Irjen Pol Drs Syarief Gunawan, Wakapolres Madina Kompol Marihot Gultom mengatakan, pemilu merupakan wujud keikutsertaan seluruh rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan negara.
"Mengingat arti penting dan strategisnya pemilu, dalam konteks ini Polri sebagai penanggung jawab keamanan dalam negeri, berkewajiban untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan pemilu 2014," ujarnya.
Hal ini tentunya harus dilakukan melalui manajemen keamanan terpadu dan kompreshensif, dengan mengerahkan segala sumber daya yang ada serta memperkokoh kerjasama sinergis dengan penyelenggara pemilu, TNI, Masyarakat dan mitra keamanan lainnya.
"Ini dimaksudkan agar pesta demokrasi pemilu 2014, dapat berjalan dengan aman, jujur, adil dan demokratis. Operasi Mantap Brata 2014 yang dilaksanakan 224 hari diseluruh Indonesia, untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana dan prasarana Polri dan unsur terkait dalam rangka pengamanan pemilu 2014," ujarnya.
Pantauan andalas, Operasi Mantap Brata ditandai dengan penyematan tanda Pita Operasi Mantap Brata 2014 oleh Wakapolres kepada perwakilan dari Polri, TNI, Dishub, dan Polisi Pamong Praja. (Red/GS)

Posting Komentar

Top