0
MEDAN  | GLOABAL SUMUT-Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi didampingi Asisten Ekbang Camarul Fattah, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Medan Drs BUsral Manan dan Kabag Hakda M Rivai menerima Kunjungan Konsulat Jendral (Konjen) Republik Rakyat Cina (Tiongkok) di Ruang Khusus Plt Walikota Medan, Balai Kota, Senin (21/04/2014) Konjen RRC (Tiongkok)  Mr Zhu Honghai yang hadir didampingi Penerjemahnya mengatakan maksud tujuan kedatangannya yakni ingin memperkenalkan diri kepada Plt Walikota Medan selaku Konsulat Jendral RRC untuk Sumatera Utara yang baru, sejak Masa Pensiunnya Konjen RRC yang lama dan diakuinya dirinya baru sebulan ini mengisi jabatan tersebut.
Dalam kesempatan tersebut Konjen RRC bercerita sejenak tentang karir beliau sebelum menjabat sebagai Konjen RRC untuk sumatera Utara, dimana dirinya pernah menjabat sebagai konjen di Negara – Negara Eropa, dan di tahun ini ditempatkan ke bagian Asia, terutama di pintu gerbangnya Indonesia bagian Barat Yakni Sumut atau Kota Medan.
 
Dikatakannya, “hubungan Indonesia dengan Tiongkok sudah berjalan cukup lama sekali, banyak hal dan bidang yang menjadi pokok kerja sama seperti halnya Infrastruktur, dan terutama Kota Medan, juga telah bekerja sama dengan kota di tiongkok yakni Chengdu dan kerja sama ini terjalin cukup lama dan terbina dengan baik”, katanya.
 
Mr Zhu Honghai mengakui selama berada di Kota Medan banyak hal yang membuatnya kagum karena beragam etnis yang ada di Ibu Kota Sumatera ini dan kaya akan budayanya terlebih seluruh masyarakatnya hidup berdampingan dengan penuh rasa aman dan harmonis.
 
“saya sangat mengagumi Kota Medan, karena Kota ini banyak sekali budaya dan budaya tersebut sangat bagus disamping itu, beragam Etnis menjadi penduduk Kota Medan semakin menambah keindahan dimana mereka hidup berdampingan dengan harmonis”, ungkap Konjen Republik Rakyat Cina.
Dalam pertemuan tersebut Mr Zhu Honghai, Menawarkan Plt Walikota Medan Bantuan Dana untuk Pembangunan Infrastruktur Kota Medan khususnya untuk Perbaikan atau revitalisasi Sungai Deli.
banyak sekali yang menjadi potensi besar untuk bisa menjalin kerja antara Kota Medan dengan Pemerintahan Tiongkok terutama dalam hal bidang infrastrutur, dan Pemerintah tiongkok dalam Hal ini Kementerian Perniagaan telah membuat Program bantuan untuk Kota – Kota di Indonesia guna mendorong dan mengembangkan infrastrukturnya, untuk Itu Konjen Tiongkok di Kota Medan akan berusaha agar Dana tersebut dapat dipergunakan untuk Kota Medan”, ungkapnya.
 
Guna mendapatkan Dana tersebut Mr Zhu Honghai berharap, Pemko Medan dapat menindaklanjuti program tersebut dengan membuat pernyataaan ke Pemerintah Tiongkok dan nantinya Konjen Tiongkok siap membantunya, disamping itu pihaknya berharap kedepan akan ada kerja sama di bidang – bidang lainnya”, harapnya.
 
Terkait Kunjungan Wisatawan, Mr Zhu Honghai menjelaskan, “terdapat lebih dari 1 juta wisawatan Tiongkok yang dating ke Indonesia dan hanya 500 orang saja yang dating ke Kota Medan, dan sebaliknya Wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Tiongkok sebanyak 9000 jiwa, untuk itu Konjen RRC menyarankan agar Pemko Medan dapat lebih mempromosikan Kota Medan kepada Masyarakat Negara Tiongkok untuk datang ke Kota Medan”, ujarnya
 
Plt Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi dalam kesempatan tersebut mengungkapkan Pemko Medan sangat mengapresiasikan Program bantuan dari Kementerian Perniagaan Tiongkok untuk merevitalisasikan Sungai dan hal tersebut akan segera ditindaklanjuti guna mempercepat program tersebut.
Menurut Eldin, “kerja sama yang terjalin antara Pemko Medan dan Kota – kota di Tiongkok sudah lama terjalin dengan baik terutama kota Chengdu dimana kota tersebut termasuk kedalam Program Sister City Pemko Medan, bentuk kerja sama tersebut juga sangat bagus yakni disamping bidang kepariwisataan juga menjalin kerja sama di bidang pendidikan” kata Eldin.
 
Disamping itu, lanjut Eldin, dengan adanya Program bantuan yang diberikan Pemerintah Tiongkok akan semakin mempererat jalinan kerja sama Kota antara Kedua Negara tersebut, dimana bantuan ini merupakan langkah positif guna medorong pembangunan Infrastruktur Kota Medan ke depan”, ungkap Eldin.
Mantan Sekda Kota Medan ini berharap, “kedepan kerja sama dapat dikembangkan ke segala sector diantaranya Perekonomian dan Pendidikan dan untuk penempatan Konjen Tiongkok yang baru Plt Walikota mengatakan selamat dan semoga dapat nyaman selama berada di Kota Medan serta dapat saling mendukung guna kemajuan bersama”, harap Eldin. (Red)

Posting Komentar

Top