0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pekan Olahraga Wilayah Sumatera Utara (Porwilsu)  siap digelar Mei hingga Juni 2014. Event yang merupakan tahapan awal seleksi atlet menghadapi PON XIX/2016 di Jabar, mempertandingkan 11 cabang olahraga diikuti seluruh KONI Kota dan Kabupaten yang dibagi dalam empat wilayah.
Ketua Umum KONI Sumatera Utara H Gus Irawan Pasaribu SE Ak menjelaskan hal tersebut dalam Rapat Pleno kepengurusannya di Seretariat KONI Sumut Jalan Williem Iskandar Medan Esate, Sabtu (26/4).
H Gus Irawan Pasaribu SE Ak didampingi Ketua Harian John Ismadi Lubis, Wakil Ketua II Prof Agung Sunarno dan Wakil Ketua III Drs M Syahrir menjelaskan, pembagian wilayah peserta Porwilsu.
Yakni Wilayah I: Langkat, Medan, Asahan, Tebingtinggi, Tanah Karo, Pakpak Bharat dan Dairi.
Wilayah II: Deliserdang, Binjai, Simalungun, Tobasamosir, Pematangsiantar, Samosir.
Wilayah III: Tanjungbalai, Labuhanbatu, Tapsel, Sergai, Humbahas, Labura, Labusel, Batubara dan Paluta.
Sementara Wilayah IV:  Padangsidempuan, Madina, Taput, Sibolga, Tapteng, Palas, Nias, Nias Selatan serta Gunungsitoli.
Sedangkan cabor yang dipertandingkan adalah; atletik, angkatbesi/angkatberat dan binaraga, bulutangkis, bolavoli, catur, gulat, karate, sepakbola, pencaksilat, tenis meja dan tinju.
 H Gus Irawan Pasaribu SE Ak dalam rapat pleno tersebut juga menetapkan Prof Agung Sunarno yang bertindak sebagai pengarah Porwilsu, menjadi Ketua Pelaksana Porprovsu yang akan digelar di Medan November 2014. Sementara Sekretaris ditunjuk Drs  M Syahrir.
Selain itu Gus Irawan yang dalam penghitungan cepat dipastikan lolos ke Senayan sebagai anggota DPR RI hasil Pemilu  9 April lalu, juga menetapkan Drs H Sakiruddin SE MM dan DR Budi Valianto menjadi Koordinator dan Sekretaris persiapan Sumut menghadapi PON Remaja I di Surabaya Desember 2014 mendatang.
Pelaksanaan Porwilsu digelar KONI Sumut bekerjasama dengan KONI Kota dan Kabupaten serta Pengprov Olahraga sebagai pelaksana di lapangan.
Gus Irawan mengucapkan terimakasih kepada seluruh Walikota dan Bupati di Sumut serta KONI Kota dan kabupaten di Provinsi ini yang telah membantu dan mempersiapkan kontingen daerahnya, serta serta bersedia menjadi tuan rumah di daerah masing-masing. Ungkapan senada juga disampaikan kepada Pengprov cabor olahraga yang mengemas pelaksanaan pertandingan di lapangan.
Kepada seluruh pengurus KONI Sumut, Gus Irawan mengharapkan peran aktif menyukseskan Porwilsu 2014.
Jadwal Pertandingan
Sementara itu Pengarah Porwilsu Agung Sunarno menambahkan, sesuai laporan technical delegate (TD) masing-masing cabor, Porwilsu 2014 siap digelar. Jadwal pelaksanaan juga telah ditetapkan.
“Porwilsu digelar mulai 1 Mei, karena pada tanggal tersebut sudah dipertandingkan cabor tenis meja untuk Wilayah III  di Labuhanbatu,” jelas Agung.
Agung membenarkan, dalam menyeleksi atlet persiapan Sumut menghadapi PON XIX/2016, pihaknya melakukan dalam berbagai tahapan,yakni selekda dan kejurda, Porwilsu dan dilanjutkan dengan Porprovsu.
“Selekda diperuntukkan bagi cabor yang  Pengcabnya tidak cukup 12, sementara Kejurda Pengcabnya 12 hingga 16 dan Porwilsu (Porprovsu) Pengcabnya di atas 16,” jelas Agung.(Red)
 

Posting Komentar

Top