0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan yang diwakili Sekda Ir Syaiful Bahri Lubis Msi, menerima kunjungan tim Kuliah Kerja Lapangan (KKL) pembinaan Satua (Binsat) dan KKL wilayah pertahanan Perwira Siswa (Pasis) Dikreg LII Lembaga Sekolah Staf dan Komando Angkatan darat (Seskoad) 2014 di ruang Rapat I, Balai Kota, Juma’t  (09/05/2014) .
Dalam pertemuan, Syaiful Bahri mengatakan sangat menyambut baik dan mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut. Ia berharap, program yang positif ini terselenggara dengan lancar dan tertib sesuai dengan rencana. “Pemerintah Kota Medan sangat mendukung. Mudah-mudahan terlaksana dengan lancar dan menjadi sumbangsih pemikiran kita semua untuk kemajuan bangsa dan negara tercinta,” ujarnya.
Selanjutnya Sekda memaparkan seluruh tentang kemajuan Kota Medan saat ini dimana sebagai Kota Metropolitan yang baru Medan telah banyak mengalami perubahan yang lebih siginfikan terlebih sebagai ibu kota Provinsi Sumut Medan kedepan akan terus berbenah diri. “Visi Misi Medan menjadikan Kota Metropolitan yang berdaya saing, nyaman, peduli dan sejahtera dengan meningkatkan kualitas Pemerintahan yang demokratis dan transaparan serta Meningkatkan Pelayanan Publik”, ungkap Sekda
Perwira Koordinator Tim, Letkol (TNI) Inf Habzen Sianturi mengatakan, kegiatan kuliah kerja lapangan wilayah pertahanan ini bertujuan untuk mempelajari dan memahami implementasi pembinaan teritorial TNI AD di 11 kodam dan 20 provinsi. Hasil KKL ini selanjutnya akan menjadi bahan diskusi dan seminar terkait profesionalitas menuju transformasi TNI AD dalam melaksanakan tugas pokok. “Juga sebagai sampel guna dijadikan bekal Pasis Dikleg LII seskoad tahun 2014 dalam melaksanakan tugas di satuan,” katanya.
Selain itu, Dijelaskannya, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengidentifikasi permasalahan di wilayah agar mampu menjawab tuntunan perkembangan zaman guna meningkatkan profesionalitas.
Habzen berharap, kegiatan ini dapat disinergiskan dan diintegrasikan dengan kebijakan pembangunan daerah. Lebih lanjut ia mengatakan, penelitian tentang pembinaan teritorial ini merupakan suatu pengetahuan (knowledge) untuk dikembangkan menjadi pengetahuan ilmiah (science). “Ini dalam rangka memberikan saran dan masukan strategi transformasi TNI AD bidang Binter yang sedang dirumuskan oleh Pokja Mabesad,” kata Perwira Koordinator Tim.
Rombongan dari Seskoad Keseleuruhan sebanyak 401 orang tersebut terdiri dari 229 perwira siswa dan 102 orang penyelenggara/pendukung, dan dimulai dari 8 -14 Mei mendatang. untuk wilayah Sumut dilaksanakan oleh 1 sindikat yang berjumlah 19 orang terdiri dari 15 perwira siswa dan 4 orang Penyelenggara. untuk Kota Medan terdiri dari 8 orang perwira Siswa yang terdiri dari 7 Pasis TNI dan 1 orang dari Mancanegara Yakni Negara Thailand, sebelumnya Pasis ini melakukan KKL di Kabupaten Langkat dan setelah Kota Medan akan ke Kabupaten Tanah .Karo
Dijelaskan Habzen, Selain dialog interaktif, tim juga melihat langsung di lapangan permasalahan-permasalahan yang ada di satuan, baik Satuan Tempur, Satuan Banpur, dan Satuan Kewilayahan yang nantinya menjadi masukan bagi siswa Seskoad. "Tujuan esensial dari KKL ini adalah untuk memberikan pembelajaran pada perwira-perwira siswa, sebagai kader-kader pimpinan di satuan untuk mengevaluasi khususnya latihan, kemudian implementasi pembinaan teritorial di suatu wilayah," ujar Habzen.
Turut hadir dalam pertemuan tersebut, antara lain Kepala Bappeda Drs Zulkarnaen, Kesbangpolinmas Ceko Wakda Ritonga, KAsat Pol PP M Sofyan, Sekretariat Dewan. Sedangkan dari tim KKL Seskoad dikoordinir oleh Letkol Kolonel (TNI) Habzen Sianturi, dan sejumlah perwira serta para siswa KKL Seskoad lainnya. (red)

Posting Komentar

Top