0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Sebagai wujud kepedulian dan peringatan Hari Raya Idul Adha 1435 H, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I Medan menyembelih 14 hewan qurban, Minggu (5/10). Daging qurban yang terdiri dari 12 ekor sapi dan 2 ekor Kambing ini disalurkan kepada masyarakat kurang mampu dan panti asuhan di sekitar wilayah operasional perusahaan terutama di sekitar Kantor Pusat dan Belawan."Hewan Qurban ini dari jajaran Direksi Pelindo I, Manajemen Pelindo I dan karyawan Kantor Pusat Pelindo I. Daging qurban disalurkan ke masyarakat kurang mampu di sekitar wilayah operasional perusahaan,” kata M. Alwi, Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Qurban Pelindo I yang juga menjabat Senior Manajer Administrasi dan Kesejahteraan SDM Pelindo I.M. Alwi menambahkan bahwa penyaluran hewan qurban ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya di Pelindo I. “Moment ini tidak sekadar menyalurkan daging qurban kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional kami, namun juga menjadi moment untuk bersilaturahmi. Qurban adalah wujud nyata semangat kesetiakawanan, salah satu bentuk rasa syukur pada Allah SWT, sebagai pemberi segala rejeki sekaligus wujud kepedulian terhadap sesama,” jelas Alwi.ACS Humas Pelindo I M. Eriansyah melalui staf humas Sriani Rahayu menjelaskan bahwa pelaksanaan penyembelihan hewan qurban ini dilakukan usai pelaksanaan Shalat Idul Adha 1435 H berjamaah yang berlokasi dihalaman Kantor Pusat Pelindo I dan dihadiri oleh karyawan dan masyarakat dilingkungan sekitar Kantor Pusat. Hadir sebagai penceramah pada acara tersebut Ustadz Mohammad Al Farabi, M. Ag.  
Ustadz Mohammad Al Farabi M.Ag dalam menyampaikan ceramah khutbah Idul Adha dengan tema “Haji dan Qurban : Perjalanan Takwa Menuju Keridhoan Allah SWT”.  “Hakikat Qurban ialah pengakuan manusia dihadapan Allah SWT bahwa kita telah siap menyembelih nafsu-nafsu kebinatangan yang ada pada diri kita. Dengan demikian ibadah kurban tidak hanya melepaskan status kewajiban dihadapan Allah SWT dengan menyembelih hewan, akan tetapi mempertahankan nilai-nilai yang tercantum dalam pelaksanaan tersebut jauh lebih penting lagi”.
Selanjutnya Ustadz Mohammad Al Farabi M.Ag menjelaskan bahwa “Persamaan waktu dalam Ibadah Haji dan Qurban menunjukkan bahwa kedua Ibadah ini memiliki visi dan misi yang sama. Ditinjau dari segi visi, maka kedua ibadah ini sama-sama bertujuan untuk membangun nilai-nilai ketakwaan kepada Allah SWT yang akan diaplikasikan dalam pola kehidupan sehari-hari. Sedangkan dari segi misinya terkandung nilai-nilai sosial yang berhubungan langsung dengan kehidupan manusia, khususnya dalam hal berbagi kasih serta mewujudkan nilai-nilai persaudaraan,” urai Ustadz Farabi.(Abu/GS/Mdn)

Posting Komentar

Top