0
MARELAN | GLOBAL SUMUT - Kegiatan pelatihan masyarakat Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan  tahun 2014 sukses digelar dihadiri seluruh kepengurusan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Se- kawasan Medan Utara sukses digelar di pendopo Danau Siombak, Selasa (23/12/2014).  

Hadir dalam kegiatan tersebut Rony Ginting selaku Asisten Kota (Askot) Infrastruktur sekaligus selaku Narasumber, didampingi Ilham Indra Nasution selaku Senior Faskel, Salman serta seluruh pengurus BKM, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), Unit Pengelola (UP) maupun Ali Syahbana selaku Ketua Forum BKM Kecamatan Medan Marelan.  

Acara pelatihan PNPM Mandiri perkotaan tersebut bertemakan "Bersama PNPM kita tanggulangi kemiskinan" berkat kerjasana PNPM Mandiri Perkotaan Kota Medan, Pemko Medan dan Dirjen Pekerjaan Umum(PU) diisi dengan tanya jawab dari para peserta pelatihan serta pengarahan dari pihak Nara Sumber.  

Ronny Ginting, kegiatan pelatihan ini diharapkan para BKM nantinya mampu mandiri dan berswadaya guna membantu permasalahan di lingkungan masyarakat tanpa sepenuhnya mengandalkan anggaran dari Pemerintah.  Kedepan penanganan wilayah pemukiman kumuh rencananya memang diprioritas bagi kawasan Medan bagian utara yang fokusnya ke lingkungan dimana tiap lingkungan nantinya akan didampingi seorang Faskel. 
 "Ada 10 lingkungan diprioritaskan, akantetapi Walikota Medan menginginkan ada 18 kecamatan dari 22 Kecamatan di Kota Medan dimasukkan dalam program penuntasan pemukiman kumuh, khususnya kawasan Medan Utara,"Ungkap Ronny.  Kegiatan PNPM Mandiri di tiap Kelurahan pada tahun depan akan tetap berlanjut sementara untuk wilayah pedesaan dialihkan pada program bantuan desa senilai Rp 1,4 miliar perdesa.  SF tersebut juga berpesan kepada seluruh pengurus BKM agar kedepannya benar-benar menyelesaikan kegiatan dengan baik tanpa menimbulkan permasalahan.

Ilham selaku Senior Faskel juga menambahkan, BKM merupakan orang pilihan yang dipercaya masyarakat, untuk itulah ia mengharapkan BKM dapat berjalan solid dengan masyarakat demi membangun daerah maupun lingkungannya sehingga program Pemerintah yang melibatkan kemitraan masyarakat ini tetap berlanjut.  
"BKM kedepan diharapkan menjadi lembaga yang dipercaya masyarakat serta menjadi perpanjangan tangan Pemerintahan guna menjalankan program penuntasan masalah pemukiman kumuh, masalah ekonomi maupun infrastruktur,"Pesan Ilham disambut tepuk tangan meriah dari para peserta yang berhadir.(Bu/Mdn).


Posting Komentar

Top