1
LABUHAN | GLOBAL SUMUT-Pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Belawan diminta mengusut pengerjaan proyek Masterplan Program Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia  (MP3EI) berbiaya Rp450 juta perkelurahan dengan menggunakan limbah padat B3 atau limbah hitam bekas (Bleaching Eart) dalam kegiatan jalan setapak atau Pavingblok khususnya di Kelurahan Tangkahan Kecamatan Medan Labuhan dan Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan.Sabtu (13/12/2014).

Sesuai amatan di 2 Kelurahan sesuai foto tersebut, penimbunan jalan setapak itu menggunakan limbah padat bekas Bleaching Eart bewarna hitam dari pabrik penggolahan Cruide Palm Oil (CPO) yang ada di kawasan Belawan maupun di Kawasan Industri Medan (KIM).

Masing-masing berada di Kelurahan Belawan Sicanang persisnya di Lingkungan 19 dekat RS Kusta Canang Kering dikerjakan pihak BKM Mandiri dan penimbunan memakai limbah Bleaching Eart juga ditemukan di Jalan Rawe 4 Gang Gereja Pasar VI Lingkungan 5 Kelurahan Tangkahan Kec. Medan Labuhan, yang dikerjakan pihak BKM Caraka Peduli Kordinator Marluga Marbun.

Kordinator BKM Caraka Peduli Marluga Marbun yang dikonfirmasikan di nimor ponselnya tak mengangkat begitu juga ke nomor Kasatker PNPM Mandiri Perkotaan Mariati Pane tak ada jawaban.



Ketua LSM Berani A.Rahman mengomentari temuan pengerjaan jalan setapak memakai limbah padat tersebut menyesalkan pihak pengawasan dan konsultan PNPM Mandiri yang terkesan membiarkan pengerjaan yang asal
dananya tak sedikit.

Pihaknya mendesak Kejaksaan untuk segera melakukan pengusutan terhadap pengerjaan proyek MP3EI yang diduga dikerjakan asal jadi dengan memakai limbah padat tersebut padahal anggaran biayanya tak sedikit
digelontorkan terhadap program guna percepatan pembangunan di sejumlah daerah tertinggal itu.(red).

Posting Komentar

Box Makanan Kertas mengatakan... 2 Maret 2015 pukul 10.03

Limbah kini ada dimana-mana, kebanyakan dari limbah manusia itu sendiri.
Saran saya adalah, untuk penggunaan seperti plastik atau styrofoam lebih dikurangi. Dan untuk penggunaan Box Makanan lebih baik menggunakan bahan yang terbuat dari kertas.

Sebab kertas mengandung unsur yang dapat berbaur dengan tanah. So, jika kertas dibuang sembarangan oleh masyarakat maka kertas tersebut tidak akan mencemari lingkungan.

Top