0
BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Masyarakat Jalan Selar dan Baung Kelurahan Belawan Bahagia Kecamatan Medan Belawan, secara bersama-sama melakukan gotong royong membuka akses jalan di dua areal permukiman nelayan di pesisir utara Kota Medan. Pembangunan jalan rabat beton berasal dari program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangai Kemiskinan Indonesia (MP3KI) tersebut, pengelolaannya masuk dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), Minggu (7/12) kemarin.
Dari amatan Global Sumut, sebelum dilakukan pengecoran jalan, para warga terlihat begitu antusias melakukan kerja bakti pembersihan dan memasang kayu-kayu mall untuk mempermudah proses pengerjaan. Selanjutnya, secara bergantian warga setempat mencurahkan coran semen pembangunan jalan rabat beton.
“Pembangunan jalan rabat beton ini merupakan program MP3KI, dan telah diajukan sejak tahun lalu. Namun, baru dapat direalisasikan pada tahun 2014, sedangkan proses pengerjaannya dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dengan gotong royong bersama,” kata, Huswatun Husni, Koordinator PNPM Mandiri Kelurahan Belawan Bahagia.
Sebelumnya, kata dia, banyak warga yang mengharapkan adanya pembangunan jalan rabat beton guna mempermudah akses masyarakat. Sehingga aktivitas ekonomi khususnya nelayan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Untuk pembangunan jalan rabat beton di Jalan Selar lanjut, Husni panjangnya mencapai 170 meter, dan lebar 1,5 meter. Sedangkan, di Jalan Baung fisik jalan mencapai panjang 100 meter dan lebar 1,2 meter.
“Dana untuk pembuatan akses jalan ini mencapai Rp438 juta bersumber dari program MP3KI pemerintah pusat, diteruskan ke provinsi. Pembiayaan ini diturunkan untuk mengurangi kemiskinan di Indonesia,” ungkapnya.
Lurah Belawan Bahagia, Aji Torop mengaku, sangat berterimakasih atas terlaksananya dengan baik pembangunan rabat beton di dua titik di daerahnya, yang masuk dalam program MP3KI. Dengan terealisasinya pembangunan jalan tersebut dia berharap, nantinya dapat memberi manfaat bagi masyarakat sekitar.
“Selain itu, saya juga ucapkan terimakasih atas kepedulian serta antusias masyarakat secara swadaya bergotong royong membangun jalan yang didanai oleh program MP3KI. Kedepan, saya berharap sejumlah jalan lainnya yang belum tersentuh pembangunan permanent, bisa masuk dalam program tersebut,” pungkas, Aji Torop.(Nur\Mdn)

Posting Komentar

Top