0
BELAWAN |GLOBAL SUMUT- Pembuatan kapal dengan bahan besi saat ini menjadi alternatif ditengah kian langka dan melonjaknya pasaran harga kayu. Sebagaimana ditekuni Bincuan, seorang pengusaha perikanan di Pelabuhan Perikanan samudera Belawan (PPSB).Rabu (14/01/2015).

Saat kehadiran anggota DPD RI Parlindungan Purba ke daerah lokasi pembuatan kapal ikan di Gabion.Bincuan mengaku lebih menghemat anggaran biaya pembuatan kapal dengan memakai bahan besi ketimbang mengandalkan bahan dari kayu. 

Bayangkan saja saat ini untuk pembuatan kapal ikan dengan menggunakan besi untuk ukuran kapal lebih dari 100 Gross Ton (GT) hanya butuh biaya sekitar Rp 1 miliar, sedangkan kalau memakai bahan dari kayu mencapai Rp3 miliar, itupun saat ini bahan pembuatan kapal dari kayu sudah sulit didapat. 

Melihat prosfek yang baik dan sangat potensial sebagaimana dilakukan pengusaha ikan ini, Parlindungan Purba selaku ketua komisi II DPD RI berjanji akan mendukung usaha pembuatan kapal ikan lokal berbahan flat besi sebab selain dapat menghemat biaya, juga nantinya dapat membuka lapangan kerja. 

Mengenai kepengurusan izin usaha pembuatan kapal ikan berbahan besi ini nantinya, Parlindungan Purba berjanji akan membantu mempercepat proses keluarnya perizinan terhadap produksi kapal besi tersebut.Ujar Parlin sembari berfoto bersama didekat kapal dengan Bincuan serta kepala Pelabuhan Perikanan samudera Belawan (PPSB) Jainur Manurung.(red)

Posting Komentar

Top