0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Semangat Patriotisme dan nasionalisme merupakan harga mati oleh karena itu menambah pengetahuan tentang nilai-nilai luhur budaya bangsa adalah juga salah satu upaya nyata dalam mengisi kemerdekaan, sehingga nilai-nilai perjuangan tidak akan pernah pudar dari dalam diri dengan demikian bangsa ini tidak akan mudah terpecah-pecah, tidak mudah terhasut konflik-konflik yang merugikan semua.

Hal ini dikatakan Pj Walikota Medan diwakili Sekda Ir Syaiful Bahri pada acara sosialisasi  wawasan kebangsaan dan pelatihan Outbond kepada para Kepala Sekolah SD,SMP, SMA/SMK negri dan swasta se Kota Medan dalam rangka edukasi kepemimpinan dan bela Negara, Selasa (2/2) dibalai Kota Medan, acara ini merupakan kerja sama  Pemko Medan dengan Kodam I/BB, hadir Dandim 0201/BS Ltkol Inf Maulana Ridwan, Asisiten Pemerintahan Drs Musadad, Kepala Badan Kesbang Polinmas Ceko Wakhda Ritonga SH dan Kepala Dinas pendidikan Drs Marasutan Siregar.

Syaiful mengatakan, pemerintah Kota Medan memberikan apresisi kepada jajaran Kodam I/BB yang telah melaksanakn sosialisasi wawasan kebangsaan ini, dan berharap sosialisasi ini benar-benar dapat memberikan edukasi kepemimpinan dan bela Negara kepada masyarakat Kota Medan, baik dikalangan peserta didik, para siswa, kalangan remaja dan generasi muda yang dapat dimaknai sebagai semangat untuk mengisi kemerdekaan, membangun bangsa dan Negara  dan semangat membangun kota Medan yang dicintai ini.

“ Kita harus munculkan lagi nilai-nilai kebangsaan dan rasa nasionalisme dan ini perlu dijelaskan kepada para anak didik, rasa patriotisme dan nasionalisme dalam rangka bela Negara agar terus ditumbuhkan lagi, kita jangan terpecah-pecah, kita harus bersatu didalam bingkai NKRI, “ ujar Syaiful.

Menurutnya, melihat perjalanan perjuangan bangsa ini, para leluhur berjuang begitu gigih dengan semangat patriotisme mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan bangsa Indonesia, dan perwujudan patriotisme saat ini dalam mengisi kemerdekaan adalah dengan karya-karya pembangunan yang nyata yang berdimensi kesejahteraan.

Panglima Kodam I/BB melalui Kasdam I/BB Brigjend TNI Widagdo Hendro S, mengatakan guru adalah pahlawan tanpa jasa ungkapan ini bukan hanyalah sebagai penghibur tetapi nyata, karena peran guru didalam  membangun sebuah bangsa dan Negara sangatlah besar , bayangkan saja bila tidak ada guru bagaimana jadinya  nanti bangsa dan Negara ini.

“ Wawasan kebangsaan ini perlu ditumbuhkan dilingkungan pendidik, pertahankan idiologi Pancasila, mengisi kemerdekaan ini bisa mencontoh para leluhur kita terdahulu, dan ini dapat ditanamkan kepada para anak didik, karena banyak permasalahan dunia yang akan dihadapi, dengan wawasan kebangsaan ini kita dapat mewaspadai dan mengatasinya. Selain itu, para generasi muda terdidik secara mental dan spiritual serta bernilai akhlak yang terpuji. Namun, tidak lepas dari peran guru yang sangat penting."ucapnya (red)

Posting Komentar

Top