0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1  kembali melibatkan institusi pendidikan untuk mengenalkan dunia kepelabuhanan dan maritim kepada generasi muda. Setelah sebelumnya mengajak siswa-siswi tingkat SD dan TK untuk mengenal pelabuhan, kali ini Pelindo 1 memilih perguruan tinggi dan mahasiswa sebagai sasaran penyampaian informasi melalui kegiatan bertajuk Pelindo 1 Goes to Campus, dengan konsep Fun Sharing yang bertema “Mengenal Pelabuhan”.

ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami mengatakan Pelindo 1 Goes to Campus merupakan program komunikasi eksternal Pelindo 1  yang melibatkan mahasiswa sebagai  upaya Pelindo 1 dalam memberikan informasi seputar kepelabuhanan dan dunia maritim kepada para generasi penerus bangsa.

“Pelabuhan memiliki peranan besar dalam meningkatkan perekonomian nasional mengingat Indonesia sebagai negara kepulauan, negara maritim, tapi tidak semua masyarakat paham dan mengerti tentang kepelabuhanan. Apalagi saat ini Presiden Joko Widodo sedang menggagas program Tol Laut menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” jelas Fiona  saat membuka Pelindo 1 Goes to Campus di Ruang Serbaguna VIP Universitas Negeri Medan (UNIMED), 25 Agustus 2016.

Fiona mengharapkan melalui kegiatan ini, informasi terbaru seputar kepelabuhanan dan dunia maritim dapat menjadi tambahan ilmu dan pengetahuan bagi para mahasiswa. “Pengetahuan masyarakat mengenai dunia kepelabuhanan dan kemaritiman masih sangat minim, apalagi industri di bidang pelabuhan ini masih kalah pamor jika dibanding  industri lainnya, seperti perbankan, migas, dll. Dengan mengenalkan dunia pelabuhan kepada masyarakat khususnya mahasiswa, diharapkan dapat menambah wawasan dan kecintaan akan dunia maritim,” ujar Fiona.

Kepala PJK UNIMED, Ir. Hercules Abdulah, MS menyambut baik dan sangat mengapreasiasi kegiatan Pelindo 1 Goes To Campus ini. “Kami memberikan apresiasi yang tinggi atas kedatangan Pelindo 1 dikampus Unimed ini, untuk mengenalkan apa itu Pelindo 1 dan dunia pelabuhan. Ini merupakan bentuk kepedulian Pelindo 1 untuk turut berinteraksi dan berpartisipasi aktif dalam dunia pendidikan khsususnya di perguruan tinggi,” jelas Hercules. 

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 150 orang mahasiswa/i Unimed dari berbagai fakultas dan mereka tampak antusias mengikuti diskusi yang dikemas dengan konsep Fun Sharing ini. Tidak hanya sekedar diisi dengan diskusi, tetapi kegiatan ini juga diisi dengan hiburan stand up comedy, kuis, fun games dan pembagian hadiah. Program Pelindo 1 Goes to Campus ini akan dilaksanakan secara kontiniu di beberapa perguruan tinggi, tidak hanya yang berada di wilayah kerja Pelindo 1, tetapi juga diluar wilayah kerja Pelindo 1.(abu)  

Post a Comment

Top