0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menerima kunjungan belajar (study visit) dari rombongan mahasiswa Jurusan Kesekretariatan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara pada hari Jumat (23 /9/ 2016).

Rombongan mahasiswa yang berjumlah 85 orang ini disambut oleh Manajemen Pelindo 1 yang diwakili oleh Corporate Secretary Pelindo 1 M. Eriansyah di Kantor Pusat Pelindo 1, Medan.

Dalam sambutannya, Eriansyah  menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang atas kunjungan para mahasiswa FE USU ke Pelindo 1 dan berharap semoga para mahasiswa mendapatkan ilmu dan wawasan yang bermanfaat terutama terkait tentang ilmu kepelabuhanan dan kesiapan Pelindo 1 dalam mendukung program Tol Laut Pemerintah.

“Pelabuhan memiliki peranan besar dalam meningkatkan perekonomian nasional mengingat Indonesia sebagai negara kepulauan, negara maritim, tapi tidak semua masyarakat paham dan mengerti tentang kepelabuhanan. Melalui kegiatan ini mahasiswa akan mendapat informasi terbaru seputar kepelabuhanan dan dunia maritim yang dapat menjadi tambahan ilmu pengetahuan bagi para mahasiswa. Apalagi saat ini Presiden Joko Widodo sedang menggagas program Tol Laut menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” jelas Eriansyah mengawali pemaparannya tentang Pelindo 1.

Senada hal tersebut, Ketua Jurusan Kesekretariatan, Dr. Beby Karina, Se, MM menyampaikan ucapan terimakasih atas kesempatan yang diberikan oleh Pelindo 1 terhadap para mahasiswa  FE-USU untuk memperoleh ilmu dan wawasan secara nyata dari bisnis kepelabuhanan. “Pelabuhan Belawan merupakan pelabuhan terbesar ketiga di Indonesia. Tentunya banyak hal yang dapat kita pelajari dari perusahaan ini, seperti proses manajemen, proses bisnis, kegiatan operasional pelabuhan dan lain sebagainya,” uar Beby.

Pelaksana Harian Humas Pelindo 1, Rafika Aulia menambahkan bahwa Pelindo 1 sangat concern dan terbuka untuk menerima kegiatan kunjungan belajar yang dilakukan oleh institusi pendidikan. “Kegiatan seperti ini menjadi salah satu cara Pelindo 1 untuk memberikan edukasi tentang peran pelabuhan dan dunia maritim kepada generasi muda, sehingga wawasan dan pengetahuan para generasi muda akan bertambah khususnya tentang peran Pelindo 1 sebagai BUMN yang mengelola jasa kepelabuhanan untuk meningkatkan perekonomian daerah maupun negara,” kata Rafika.

Usai sesi pemaparan, selanjutnya rombongan berkesempatan berkunjung ke Pelabuhan Belawan dan Belawan International Container Terminal (BICT) untuk melihat langsung pelayanan jasa kepelabuhanan yang mendukung proses bongkar muat dan ekspor impor. (abu)

Post a Comment

Top