0
LANGSA | GLOBAL SUMUT-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Langsa menggelar Konfresi Ke- I yang dibuka oleh Asisten III Pemko Langsa, berlangsung di Aula Setda Kota Langsa.(30/11)

Selaku Ketua Panitia Bahtiar Husin berharap mudah-mudahan organisasi PWI bisa menjadi wadah penyatu seluruh wartawan di Kota Langsa."Saya mohon maaf atas kekurangan konfresi ini"harapnya.

Ketua PWI Aceh, Tarmilin, berharap agara Konfresi I PWI Kota Langsa bisa berjalan dengan baik. PWI lahir pada 9 Februari 1946, dan sampai saat ini hanya ada tiga organisasi yang telah lulus verifikasi dan diakui oleh Dewan Pers, yakni Persatuan Wartawan Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia.

Ia mengakui, banyak keluhan yang disampaikan kepada Dewan Pers tentang perilaku wartawan. Karenanya, untuk menertibkan oknum-oknum wartawan yang meresahkan masyarakat serta instansi pemerintahan, Dewan Pers bekerjasama dengan tiga organisasi tersebut untuk melakukan Uji Kompetisi Wartawan (UKW).

"Pada tahun 2017 nanti, Dewan Pers akan memberlakukan kebijakan yakni narasumber berhak menolak untuk diwawancarai wartawan jika belum lulus UKW.

Beliau juga menambahkan bahwa PWI merupakan organisasi profesi bukan organisasi sosial ataupun lainnya, karenanya PWI harus bermitra dengan semua pihak termasuk pemerintah "ungkapnya.

Asisten III Pemko Langsa, Alfian, pada kesempatan yang sama, mengatakan, Pemerintah Kota Langsa mengharapkan dengan adanya Konfresi PWI Kota Langsa Ke-I ini dapat membina dan mengayomi anggotanya sehingga kehidupan organisasi dalam rangka pemantauan dan peningkatan kapasitas kelembagaan serta merupakan bagian dari pola pembinaan karir wartawan.

"Atas nama Pemko Langsa, kami mengucapkan terima kasih kepada para pekerja pers yang selama ini telah membantu pemerintah dalam penyebarluasan informasi baik secara langsung maupun tidak langsung sekaligus sebagai media kritis yang bertujuan membangun Kota Langsa yang lebih bagus," (arman suharza)

Posting Komentar

Top